Professional Freelance Photographer

Pagelaran Tari Klasik Gaya Yogyakarta


kita pindahan kesini ya fotodeka.com

Acara yang diadakan di ndalem Mangkubumen, komplek Universitas Widya Mataram Yogyakarta (UWMY) dilaksanakan pada 27 mei 2010. Terdapat Tari Golek Lambangsari, Tari Golek Pucung Kethoprak, dan Beksan Etheng.

Kita akan kembali melihat sejarah dari setiap jenis tarian tersebut :

1. Tari Golek Lambang Sari (45″) karya K.R.T. Purbaningrat. Salah satu jenis tari putri klasik gaya Yogyakarta yang ditarikan dengan ragam tari klana alus. Tarian ini mempergunakan koreografi Golek dengan gending lambangsari. Tarian ini menggambarkan seorang gadis yang tengah beranjak dewasa, dan tengah melakukan ritual merias diri. Pada tahun 1916 Sri Sultan Hamengkubuwono VII berkenan menghadiahkan tari Golek Lambangsari ke Kraton Mangkunegaran, pada saat penobatan Sri Mangkunegara VI.

2. Tari Golek Pucung Kethoprak (35″) karya K.R.T. Wiroguno. Tarian ini menggambarkan pertumbuhan seorang manusia yang tengah beranjak dewasa. Berbeda dengan Golek Lambang Sari, tari ini bernafaskan tari kerakyatan. Pendekatan garapan gerak tari mengambil spirit yang ada gerakan-gerakan dalam kethoprak lesung.

3. Beksan Etheng (85″) karya Sri Sultan Hamengku Buwono I. Komposisi tari kelompok berpasangan gaya Yogyakarta yang ditarikan oleh 12 orang penari pria, diciptakan pada abad ke-18. Tari ini merupakan tari perang yang dibawakan oleh tiga kelompok penari, yaitu kelompok yang menggunakan tipe tari putra halus 4 orang yang diadu kekuatannya, kelompok yang menggunakan tipe tari putra gagah 4 orang sebagai yang mengadu, dan kelompok  pelawak yang terdiri dari 4 orang pula.

*press release acara

Tari Golek Pucung Kethoprak

Tari Beksan Etheng

Suasana penonton yang sedikit

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 1,432 other followers