Banjir di Samarinda 1 Februari 2009


Samarinda memang tidak luput dari banjir yang bisa datang kapan saja, mungkin tidak hujan tetapi air pasang besar pun bisa menyebabkan air menggenani beberapa jalan di kota Samarinda, tetapi berbeda kalau hujan beneran mungkin akan lebih parah lagi dampaknya. Hal tersebut juga sempat terjadi beberapa minggu yang lalu sebelum saya sampai di Samarinda. Ketika itu saya masih di Jogja pun mendengar berita yang tersiar di media nasional sungguh sangat miris sekali dengan apa yang terjadi di kota Samarinda.

Tetapi saat aku datang dikampung halamanku ini aku pun rindu akan yang namanya banjir-karena pengen hunting banjir. Bukannya mendoakan banjir, saya sadar doa tidak baik itu sungguh tidak baik pula tetapi saya tahu kalau saja kita lebih peka apa yang menyebabkan Samarinda banjir ini kita dapat menguranginya. Ini kan juga membantu pemerintah dalam mengatasi banjir yang kerap kali datang ketika musim penghujan.

Mungkin sebenarnya yang tampak sekilas ialah jalan yang tergenang air, tetapi itu dulu dan diangap biasa oleh pemerintah. Dan makin tahun dengan banyaknya pengembangan kota yang nggak rapi jadi terkadang daerah resapan air pun menjadi ruko-ruko, perumahan, atau alih lahan pada intinya.

Dan yang perlu kita ketahui sebagai warga Samarinda-kalau merasa, sebenarnya jalan air nggak punya jalan keluar(sungai). Atau juga kita kurang sadar akan kebiasaan membuang sampah sembarangan di parit,sungai sehingga membuat saluran air itu tersumbat.

Foto-foto banjir di Jalan Antasari Samarinda

Antasari Street
Kendaraan yang melintas jalan Antasari mesti berjalan berhati-hati.
Kendaraan yang melintas jalan Antasari mesti berjalan berhati-hati.
Salah satu perabotan rumah tangga salah satu warga Antasari yang dipindahkan.
Salah satu perabotan rumah tangga salah satu warga Antasari yang dipindahkan.
Joroknya masyarakat Samarinda!
Joroknya masyarakat Samarinda!
Mobil Strada ini mencoba menerabas genangan air yang tergolong tidak dalam di Jalan Antasari
Mobil Strada ini mencoba menerabas genangan air yang tergolong tidak dalam di Jalan Antasari
Jalan Antasari yang tergenang air biasanya dijadikan tempat anak-anak warga sekitar untuk bermain air, tetapi perlu diketahui bahaya akan arus deras yang ada di paritnya.
Jalan Antasari yang tergenang air biasanya dijadikan tempat anak-anak warga sekitar untuk bermain air, tetapi perlu diketahui bahaya akan arus deras yang ada di paritnya.
Genangan air dekat Polder Antasari yang merendam rumah didekatnya
Genangan air dekat Polder Antasari yang merendam rumah didekatnya

Keep clean….

Keep take a picture…

11 thoughts on “Banjir di Samarinda 1 Februari 2009

    1. @ All About Samarinda – sulit mas untuk mengatasi banjir, karena udah salah bangun dari awal.

      @ Bandit Kesiangan – maaf lagi-lagi anda nyampah ditempat saya, saya tahu kalau jalan depan rumah anda juga kena Banjir kan? ngaku aja! wowowo

      @ Nenden – Terima kasih banyak mbak, saya juga masih belajar untuk menulis yang baik. kalau bisa sih bothside-seharusnya.

  1. saran nih, fotonya bagus2 kirim aja ke humas pemkot samarinda , dijadi untuk foto mendidik masyarakat biar disiplin dan tidak membuang sampah sembarangan. kirim juga ke koran kaltim. selamat mas semoga samarinda berbenah terus.

    1. @ Mira – udah ku ganti fotonya.

      @ Chandradisura – u’r welcome

      @ Chang – thanks a lot was visited my blog

      @ Rocky – iya pak.terutama anda yg tdk pernah hidup di dunia blog atw internet. tetapi tetap sebagai effendy gazali kita2…

      @ Johansyah – wah mas sesuai jalan saya ingin menghidupkan citizen jounalism kata rocky, kalau humas pemkot atw instansi pemerintah membutuhkan bisa menghubungi saya.

  2. waahhh,,ini baru mantafff,,eranya citizen journalism, bung,,meskipun makul pers babak belur,tetap semangat berkarya dalam bidang jurnalisme# sok -sok an tenan, haaha# diseimbangin dong antara artikel dan fotonya, hehehe,,#kakehan cangkem seng komen;p#

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s