Dari KRS Manual Sampai Nongkrong


Sebenarnya sih awalnya saya berkutat dengan notebook, kamar, televisi-lebih tepatnya lagi cuma dirumah saja. Padahal hari sebenarnya saya sedang berlibur dari kegiatan kampus, libur kuliah jelasnya. Tetapi tetap akhir-akhir ini tetap saja berkutat dengan barang-barang seperti itu, dan kegiatan-kegiatan itu saja. Internet terus dan terus, katanya memang bisa bikin kecanduan ya memang. Alih-alih menjadi tempat pelarian diri-escape dari kehidupan nyata-real life.

Tetapi kemarin (3/09) sepertinya dijeput paksa oleh Ophie-sebenarnya saya lupa ada janji, buat jalan-jalan ke Unmul dengan guide yang bernama Ophie tadi. Nah rencananya dua hari yang lalu memang dia mau menjemput saya untuk nongkrong di kampusnya, sekalian dia mau ngurus KRS-sekalian saya juga mau TP-TP(tebar pesona,hehehe).

Aha! Sambil jalan-jalan sambil ngomongin-ngerasani Mulawarman University yang merupakan salah satu Universitas terkemuka di daerah regional tengah ini-mirip waktu Indonesia tengah. Saya sih nggak habis pikir kenapa kok sampai saat ini Unmul-disingkat aja, masih menggunakan manual study card plan-Kartu Rencana Studi(KRS). Memang sebuah perubahan sistem KRS butuh waktu lama, untuk menyesuaiakan Sumber Daya Manusianya ataupun Infrastruktur di tempat tersebut.  Beda banget sama tempatku berkuliah-Gadjah Mada University, yang tergolong tua pun untuk penggunaan KRS Online pun sebenarnya baru-baru belakangan ini tepatnya kalau tidak salah 5 tahun belakangan ini-kalau salah diralat.

Memang awalnya niat jalan-jalan, sekaligus nongkrong di Kantin Fakultas Ekonomi punya Unmul. Kebetulan saya sekaligus ingin menjajal akses internetnya juga yang menjadi fasilitas mahasiswa. Tepat beberapa hari sebelumnya juga saya sudah mencoba bersama Rizky-Manajemen 207(teman saya juga tentunya), hasilnya fast, stabil, dan bener-bener free access. Berbeda dengan kampusku yang sungguh-sungguh lemot sekali-Fisipol, ya wajar saja penggunaan Internet di Unmul sendiri masih belum membutuhkan Bandwith yang besar, karena mahasiswanya pun sepertinya jarang menggunakan akses internet di kampus-terbukti dengan jarangnya mahasiswa yang menggunakan Notebook untuk Internetan di kampus. Tapi sialnya kemarin sungguh naas dibanding ketika saya mencoba bersama Rizky, karena akses pada hari itu sungguh-sungguh lambat, apakah sedang drop aksesnya atau apa.

Setelah nongkrong di kampus elite itu pun saya seperti reuni rasanya dengan teman-teman sekolah saya dulu yang seangkatan ataupun kakak tingkat.  Sapaan pertama di GOR UNMUL jatuh pada si Sandi anak lulusan 2006, kemudian sampai dikampus ketemu sama Jamilah yang lulus barusan aja-2008, kemudian ketemu anak-anak yang seangkatan di kantin FE. Ada Meyrita(lulus 2007)-nasibnya dari FE Unmul terus baru masuk lagi di Psikologi Universitas Muhammadiyah Malang(jadi maba 2008), kemudian ada Bagus(lulus 2006), dan beberapa teman-teman seangkatan lainnya-yang fotonya dipajang ntar.

Nah sepertinya rasa rindu itu pun luluh ketika bisa bertemu teman-teman lama, dan bercengkrama-apaan ya?.  Lagi-lagi nongkrong itu pun nikmat, tapi sayangnya tempat nonkrong ataupun untuk kumpul-kumpul di FE Unmul itu pun hanya terbatas Kantin saja, ataupun markas HMJ, UKM. Dan nggak lebih sepertinya. Jadi sepanjang pengelihatan saya cuma kantin saja yang ramai dan dekanat(tidak jauh dari kantin), maklum kalau dikantin pada nongkrong cuma beberapa menit aja nggak lebih dari 2 jam.hehe.. sedangkan di Dekanat ramai dengan mahasiswa yang mengurus KRS, minta tanda tangan dosen atau sebagainya-penasaran cara daftar ulang mahasiswa di unmul. please visit here.

Sampai saat ini pengurusan KRS pun masih manual
Sampai saat ini pengurusan KRS pun masih manual
Membayar SPP, ataupun mengambil blanko KRS pun dilakukan di GOR Unmul ini.
Membayar SPP, ataupun mengambil blanko KRS pun dilakukan di GOR Unmul ini.
Setelah mendapatkan lembaran KRS kosong, mahasiswi ini pun mengisinya sementara sesuai dengan lembaran fotocopy panduan akademik mata kuliah.
Setelah mendapatkan lembaran KRS kosong, mahasiswi ini pun mengisinya sementara sesuai dengan lembaran fotocopy panduan akademik mata kuliah.
Sebelum melakukan pendaftaran ulang atau mendapatkan lembaran KRS kosong biasanya para mahasiswa menyiapkan lembaran bukti pembayaran kuliah.
Sebelum melakukan pendaftaran ulang atau mendapatkan lembaran KRS kosong biasanya para mahasiswa menyiapkan lembaran bukti pembayaran kuliah.
Keadaan Kantin Fakultas Ekonomi Univ Mulawarman.
Keadaan Kantin Fakultas Ekonomi Univ Mulawarman.

Nggak lupa foto bareng teman-teman juga dong

sambil ngumpul sambil ngemil gorengan
sambil ngumpul sambil ngemil gorengan(icha, Ophie, Sahrul, Dini, Ithe)
Meyrita, Novi, Icha(blocked), Ophie, Sahrul, Ithe, (maaf lupa coi), Zulhiandanu
Meyrita, Novi, Icha(blocked), Ophie, Sahrul, Ithe, (maaf lupa coi), Zulhiandanu

8 thoughts on “Dari KRS Manual Sampai Nongkrong

  1. @ echi n rocky – duh kalian kok curhat disni…
    @ Nhira – wah yg kemarin bupati Kutim cuma baca dikoran je.hehe… iya ya.. ntar deh saya balik ke Samarinda. Insya Allah… tetap bangga membangung Kaltim-apa yang dibangun juga nggak tahu.

  2. pulang ke samarinda sekaligus liburan sekaligus liputan juga ni???

    gak sekalian ngeliput pelantikan bupati Kutim pak???
    hehehhe,,,,

    banyak jalan berlobang yang seru buat dijadiin berita tuh…

    weits,,,iya donk MEMBANGUN KALTIM UNTUK SEMUA…

    gak apa2 skrg be;ajar n merantau ke negeri seberang,,,tapi ntar klo udah selesai (Insya Allah) balik lagi ke tepian mahakam,,,hohohoho

    ayo donk,,,pada balik ntar…

    biar kaltim ntar penuh orang2 pinter kaya kita,,,(Amin…)

    hehehe,,,perkataan adalah doa kan???hohoho

  3. @ Mira wah sebenarnya nggak semua,karena kalau saya lagi males jepret ya saya simpen aja.
    @ Rocky Unmul banjir kalau hujan deras, untuk kampus FISIPOL agak tinggi tempatnya jadi nggak banjir…
    @ Dhillacious gorengannya rodho atos, tur larang ora kyo neng Yogya…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s