Menuju Reuni Akbar Sekolahku


Mohon Maaf Sampai Sejauh ini belum ada kabar lagi

Suasana saat ketika panitia reuni berkumpul di Ruang OSIS SMA 3 SMD
Suasana saat ketika panitia reuni berkumpul di Ruang OSIS SMA 3 SMD

Wah sungguh mewah sekali sepertinya untuk sebuah sekolah yang tidak pernah sama sekali mengadakan reuni sejak lahir pada 27 tahun lalu. Dan kemudian membuat gebrakan mengadakah reuni-akbar lagi.

Sudah Sejak Lama

Sebenarnya niat untuk melakukan acara reuni akbar sudah ada sejak lama, tepatnya 4 tahun lalu kalau tidak salah teman-teman yang merupakan kakak kelas saya berencana untuk melakukan reuni juga seperti yang saat ini sedang berjalan. Tetapi sebenarnya cerita saat waktu dulu itu saya cuma mendengarkan saja dari orang-orang yang berada diatas saya-umur,angkatan. Nah saat ini dengan dekatnya beberapa angkatan itu kembali saya merasa bertanggung jawab untuk membantu acara reuni tersebut, walaupun terpisah jarak dengan Samarinda.

Sebelumnya saja juga sudah mendengarkan cerita tentang rencana reuni sebelum ini pada saat saya sekolah SMA dulu dari seorang kakak alumni juga-kalau tidak salah Teguh atau Arie(lulusnya kapan lupa). Nah kalau tidak saya salah ingat beliau pernah bercerita tentang rencana reuni juga. Dulu itu sempat mau ngadain reuni, tetapi mandeg ditengah jalan. Sebabnya ya karena kepemimpinan Bu Darmiyah itu yang sepertinya mempersulit untuk mengadakan, selain itu kesibukan para panitia lain yang notabene juga bekerja menjadi faktor penghambat berjalannya kerja panitia reuni pada masa itu.

Tetapi beberapa tahun kemudian tepatnya ide dan semangat untuk mengadakan reuni akbar kembali lahir ketika tahun 2008 lalu. Nah dari semangat mengenai reuni akbar itu yang kembali lahir, saya pun tidak segan-segan untuk membantu semampu saya-seperti publish ke internet seperti ini.

Masih sedikit dukungan

Sebenarnya suatu usaha tanpa dukungan itu sungguh sulit. Saya mengerti hal ini ada karena beberap teman-teman yang kebetulan juga alumni seangkatan dengan saya cukup mengatakan mudah sekali tidak ingin membantu acara reuni. Nah bermula dari sinilah saya merasa prihatin sekali terhadap apa yang ada di sekolah itu, mungkin almamaternya tepatnya dalam hal ini merasa kurang memiliki. Dalam hal ini sudah saya rasakan dengan sepinya diskusi di Friendster group SMA 3 Samarinda, apalagi tentang reuni ini. Kemudian juga kurangnya tanggapan teman-teman yang sudah lulus, kalaupun ada cuma tanya-tanya aja tapi nggak ada niat buat bantuin acara.

Nah untungnya dari pihak sekolah kali ini sedikit membantu dengan beberapa hal, seperti pembuatan rekening tabungan untuk reuni akbar ini, kemudian mengesahkan panitia kedalam SK dari sekolah. Dan itu semua bukan usaha yang mudah karena teman-teman yang berkutat dengan pihak sekolah mesti mengejar untung memastikan beberapa hal yang pernah dijanjikan.

Ada beberapa komentar dari teman-teman yang kebetulan satu angkatan lulusnya. Seperti ada yang mengatakan, “lah kan udah ada yang ngurus, ngapain kita ikut2an sibuk juga”, kemudian juga saya mendengarkan keluhan dari teman yang kebetulan jadi panitia bagian pendataan. “kadang ada teman yang bilang aku sibuk kuliah, jadi nggak bisa bantuin” gitu katanya, ya kalau untuk yang komentar-komentar seperti inilah yang membuat tampak bahwa almamater SMA Negeri 3 Samarinda ini kurang solid terbukti dari beberapa komentar-komentar kecil tetapi nggak ngasih kontribusi sama sekali. Maaf saya juga ingin menyinggung beberapa tokoh yang bisa saya anggap orang tuanya cukup mampu tapi sungguh sangat tidak peduli dengan almamaternya. Kalau boleh saya sebutkan-karena orang tuanya juga sungguh terkenal di Samarinda yaitu Pak Haji Alung-Clara Shinta bla bla bla…? adakah yang kenal. Ok maaf saya telah menyebutkan nama anda, tetapi wajar kalau anak anda kurang care sama almamater SMAnya karena itu merupakan contoh rendahnya tingkat perhatian suatu alumni yang glamour terhadap almamaternya.

Berharap Tambahan Anggota Panitia

Setelah berkutat dengan padatnya kegiatan inti panitia yang kuliah ataupun yang kerja, mereka pun menyempatkan untuk menghadiri atau menyiapkan apa yang sedang direncanakan. Karena hal ini sudah menjadi tanggung jawab tentang bagaimana rencana itu berlanjut. Memang sungguh sangat minim sekali panitia sampai saat ini, tidak lebih dari 30 anggota panitia dan semuanya pun tidak bisa optimal karena kesibukan kerja. Maaf untuk yang kuliah saya akan singgung, karena ada yang bilang kuliah itu sibuk. Maaf kalau kamu-kamu yang kuliah itu nggak ikut kegiatan kampus, atau ekstra kampus seperti HMJ, BSO, UKM, partime-maaf, bullshit.

Karena kita tahu akan sebuah kerja sosial seperti ini memang diperlukan rasa tanggung jawab yang lebih dan tidak sekedar tercatat dan kerja-tapi terpaksa, tetapi lebih diharapkan kepada ke arah komunitas. Karena sebagai komunitas Alumni bisa lebih dekat dengan alumni masing-masing. Mungkin kalau ada yang tidak suka, bisa cepat-cepat sadar akan pentingnya silahturahmi sesama alumni SMA 3 Samarinda. Karena sejauh ini pun saya yang selalu mengingatkan sepertinya dianggap memaksa oleh beberapa teman dan saya sadar kalau orang-orang itu nggak bisa dipaksa kalau sudah tercetak di otaknya untuk acuh tak acuh terhadap almamater SMAnya.

Mungkin kalau teman-teman yang ingin bergabung sebagai panitia bisa menghubungi teman-teman melalui nama-nama dibawah ini

Chusnul Khotimah : Email/YM  ch_elshirazy69 0852 8084 3040

Ula:  e-mail/YM: ula.bulu@yahoo.co.uk  mobile: 08195040044

Faisal : e-mail: faizal_mataharikusatu@yahoo.co.id mobile 08125542007

format sms : nama lengkap (spasi) tahun masuk-lulus (spasi) alamat sekarang (spasi) email.  Atau bisa di email ke email-email diatas.

Tahap 1 : Januari – Februari 2009.
1). Pembentukan Tim Kecil – Tim Sukses.
2). Penelusuran Data Kontak Alumni.
3). Penggalian pendapat tentang Reuni Akbar.
4). Pendaftaran Panitia.

Tahap 2 : Maret – Mei 2009.
1). Membuat Information & Data Center (Website, milis, dll).
2). Mengembangkan pendataan Alumni.
3). Penggalangan Dana (Maret – November 2009).

Tahap 3 : Juni – Agustus 2009.
1). Pembentukan/ Pengukuhan (Launching) Panitia Reuni Akbar.
2). Pembuatan Proposal
3). Sosialisasi Konsep.
4). Audiensi nonformal dengan ‘pimpinan’ SMU 3 Samarinda (Konsep).
5). Hunting sponsorship.
6). Penyempurnaan Pendataan Alumni.

Tahap 4 : September 2009.
1). Evaluasi Capaian-capaian Panitia.
2). Pemantapan Koordinasi Panitia.
3). Evaluasi dan pemantapan database alumni.
4). Evaluasi sponsorship.
5). Evaluasi dan koordinasi via web, milis, media informasi lainnya.

Tahap 5: Oktober – Desember 2009.
1). Sosialisasi Konsep Final Teknis Acara ke seluruh Alumni terdata (via web, milis).
2). Penyebaran undangan.
3). Pengkoleksian Dana peserta Reuni via Rekening (rekening bersama sekolah dan panitia).
4). Pembuatan merchandise, dll.
5). Booking Tempat Acara.
6). Proposal ke Media Lokal dan Nasional.
7). Pemantapan Panitia (Konsep, koordinasi, dll).

Tahap 6 : Januari 2010.
1). Finalisasi Peserta dan Pengisi Acara.
2). Finalisasi Pembiayaan.
3). Finalisasi Sponsorship.
4). Finalisasi Publikasi.
5). Finalisasi Tempat Acara.
6). Finalisasi Merchandise Tools.

Tahap 7 : Februari – Mei 2010.
1). Finalisasi Agenda.
2). Finalisasi Konsep Follow-Up.
3). finalisasi lain-lain.

Tahap 8 : Juni – Juli 2010.
1). Rehat Panitia (Persiapan Pra Acara).
2). Evaluasi Keseluruhan Kerja Panitia Reuni Akbar SMU Negeri 3 Samarinda.

TAHAP 9: Agustus 2010.
KICK OFF REUNI Akbar SMU Negeri 3 Samarinda.

Sumber : klik sini

Please leave a comment please

8 thoughts on “Menuju Reuni Akbar Sekolahku

  1. @ mey – itu lulusan tahun 2000an apa klo nggak salah. mas Ali klo nggak salah. naksir? hehehe….
    @ mas fickry – amin mas, semoga saja.
    @ fzabraham – nggak apa2, tapi kasih tahu mantannya yah.hehe…
    @ Bandit kesiangan – ane kan bisa handle sounding internet. lah ente yg di sini? ngapain?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s