Earth Hour 2009


Keburu-buru mesennya di Kedai Digital. Pesannya siang jam 2, kelarnya jam 8 malam hari itu juga. Desain sudah ada, tinggal di ubah dikit.Terima Pesanan.081392493415.
Keburu-buru mesennya di Kedai Digital. Pesannya siang jam 2, kelarnya jam 8 malam hari itu juga. Desain sudah ada, tinggal di ubah dikit.

Biar pun sedikit yang lihat, tapi yang penting buat orang penasaran dulu.
Biar pun sedikit yang lihat, tapi yang penting buat orang penasaran dulu.

Earth Hour merupakan kampanye perubahan iklim global WWF. Individu, pelaku bisnis, pemerintah dari berbagai negara di semua belahan dunia akan mematikan lampu selama satu jam sebagai pernyataan dukungan upaya penanggulangan perubahan iklim pada Sabtu, 28 Maret pukul 20.30 – 21.30

Tahun ini, untuk pertama kalinya Earth Hour dilakukan di Indonesia, di mana  Jakarta dipilih menjadi kota pertama tempat penyelenggaraannya. Pada Sabtu, 28 Maret 2009, tepat pukul 20.30, masyarakat Jakarta akan menyaksikan dan menjadi bagian dari aksi global dalam memadamkan lampu selama 1 jam.

Tetapi dari informasi serta dampak adanya teknologi informasi yang begitu cepat saat ini kampanye ini tidak hanya di Jakarta saja. Tetapi sudah merambah di beberapa kota besar di Indonesia yang kemungkinan akan melakasankannya juga, seperti halnya Jogja mungkin saya bisa berharap nanti malam akan terlaksana.

Saya pun tidak mau kalah, ketika waktu itu membuka situsnya http://www.earthhour.org/home jadi teman-teman bisa bergabung untuk mematikan listrik barang sejam saja. Apa salahnya menikmati bulan dan bintang yang bertabur dilangit ketika listrik dimatikan.

Aku pun tak lupa berkampanye lewat kaos yang kupesan di Kedai Digital dengan sedikit memaksa agar jadi hari itu juga(Jumat malam jadi), jadi ketika hari sabtu sudah bisa penuh seharian kugunakan. Dan ketika ini ditulis juga lagi dipake nih kaos.hehehe…

Update

Setelah berkutat seharian tadi, dengan ke kampus buat kumpul kelompok yang mau syuting film. Akhirnya merebahkan badan dirumah siang harinya. Dan terbangun sore hari menjelang senja, dan kaos putih bertuliskan “60 earth hour” itu hanya ku pakai saat di kampus tadi. maklum ketika saya dirumah mending tak angin-anginin aja biar bisa dipake malam harinya-saat ini tentunya.

Setelah seharian berkutat dengan kesibukan nyata, baru ketika membuka situs jejaring yang sedang hangat yang berarti muka buku itu akhirnya saya menangkap beberapa tanggapan ataupun respon dari teman-teman mengenai kampanye WWF ini sendiri. Ada yang menganggap hanya simbolis, tapi harus melakukan sesuatu yang serius untuk bumi. Tetapi apakah orang yang berkomentar itu sudah sejauh ataukah seserius itukah melakukan apa yang dikomentarin di situs itu. Wah mungkin orang itu sudah cukup membuat dirinya wajar berkomentar seperti itu, karena komentar sah-sah saja. Karena nggak salah,kecuali beradu argumentasi. Setelah beberapa menit tadi menghabiskan waktu untuk melihat-lihat atas ke optimisan ataupun sifat pesimistis teman-teman mengenai program kampanye WWF ini sendiri setidaknya bisa diartikan sebagai kampanye sosial, yang pada akhirnya dikembalikan ke khalayak banyak.

Tetapi rupanya setelah say mencoba untuk searching lebih jauh lagi mengenai implementasi kampanye ini di Indonesia hanya di Jakarta dengan dilakukannya secara simbolis di Monas-bisa dilihat di sini. Nah mungkin masih sebatas itu pada tahun 2009 ini. Tetapi dari apa yang diharapkan sendiri dari program kampanye ini sendiri bukanlah hal yang muluk-muluk, tetapi kembali mencoba menyadarkan masyarakat dunia akan hemat energi dengan cara mematikan lampu. Yang berarti matikan lampu yang tidak digunakan.

Setelah saya mencoba mencari di situsnya earth hour Indonesia sendiri rupa-rupanya memang ada kampanye di Indonesia itu. Tetapi kembali masih berada di Jakarta saja sebagai kota besar yang notabene konsumsi engerginya juga lebih besar. Mungkin banyak sekali kota-kota lain yang masyarakatnya tahu, tetapi untuk event ceremonynya sendiri masih terbatas di Jakarta saja. Dan orang-orang masih menganggap pesimis dengan kampanye itu, mungkin karena mereka sendiri tidak yakin akan konsumsi energi pada diri mereka sendiri yang mungkin boros.

Saya hari ini hanya bisa mematikan lampu di dalam rumah saya, dan kemudian membiarkan menyala lampu depan dan lampu belakang saja sebagai bentuk kampanye. Serta membuat tulisan-tulisan dikertas yang kutempel dikaca depan rumah yang bertuliskan “turn off your light” gitu deh. Dan saya yakin apa yang saya lakukan hari ini bisa mempengaruhi orang-orang di dekat saya. Setidaknya untuk bertanya mengenai kampanye itu.

Dan saya senang sekali untuk hari ini, ketika orang-orang sudah mulai tertarik dan mengetahui akan adanya kampanye tersebut. Walaupun implementasinya sendiri secara kelompok, seperti perusahaan, tempat usaha, kos-kosan di Jogja masih jarang ataupun enggan untuk mematikan ataupun mengurangi beban listriknya selama sejam saja. Mungkin akan kembali kepada orientasi masing-masing, lebih kentaranya terlihat dari yang provit oriented. Yang bisa dikatakan enggan untuk melakukan program itu barang sejam saja, ataupun hanya sebatas menguranginya saja.

Mungkin kita saat ini bisa segera melakukan tindakan tersebut, seperti mengurangi penggunaan listrik yang tidak perlu, kurangi penggunaan kendaraan pribadi dan gunakan kendaraan angkutan umum, gunakan sepeda untuk transportasi jarak dekat, pemisahan sampah, kemudian hal-hal lain yang mungkin bisa kita lakukan untuk melakukan penghematan energi yang bumi miliki.

Download jingle earth hour Indonesia yang berjudul Jika Bumi Bisa Bicara yang dimainkan oleh Nugie dan Katon Bagaskara. visit here for live listen from web. Dan ini buat download lagunya-disini.

3 thoughts on “Earth Hour 2009

  1. dwi blog sekolah sudah kurang/tidak aktif lagi, sebagai gantinya bisa dilihat di website resmi sekolah (jadi bukan blog lagi)yaitu : wwww.sma3smd.net
    Blog ini juga buat link nya. Kalau ada alumni lain yang punya blog dan mau nanti saya link kan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s