Surat Cinta


Vina Panduwinata Surat Cinta Lyrics:
Oddie Agam

Hari ini kugembira
Melangkah di udara
Pak pos membawa berita
Dari yang kudamba

Sepucuk surat yang manis
Warnanya pun merah hati
Bagai bingkisan pertama
Tak sabar kubuka

Satu dua dan tiga
Kumulai membaca
Surat cintaku yang pertama
Membikin hatiku berlomba
Seperti melody yang indah

Kata-kata cintanya
Surat cintaku yang pertama
Membikin hatiku berlomba
Seperti melody yang indah
Kata-kata cintanya
padaku

Ucapan semanis madu
Tiga lembar rayuannya
Rasanya tak puas hati
Kuulangi lagi

Satu dua dan tiga
Kumulai membaca
Surat cintaku yang pertama
Membikin hatiku berlomba
Seperti melody yang indah
Kata-kata cintanya
Surat cintaku yang pertama
Membikin hatiku berlomba
Seperti melody yang indah
Kata-kata cintanya
padaku

Kalau Ajip punya pembahasan tentang surat cinta yang tergantikan oleh teknologi, mungkin dengan lagu diatas kita bisa kembali bernostalgia untuk merasakan suasana ketika surat cinta itu sarat akan makna ketika saat itu.

Ketika saya coba untuk mendendangkan lagu itu kembali, ada perbedaan yang sangat tajam karena dimensi waktu yang telah berbeda. Hal ini karena lagu tersebut memang lahir di-era 90, yang ketika itu belum begitu dahsyatnya teknologi informatika seperti sekarang ini. Nggak perlu nunggu Pak Pos datang, sekarang pun sudah bisa sampai dalam hitungan menit(kalau detik ra mungkin, kan surat cinta juga perlu mikir)

Yang saya ingat dulu ketika mencoba sedikit puitis untuk selembar surat cinta cukup menyita inspirasi saya, dan butuh mood yang bagus untuk membuatnya demi menyampaikan ataupun menumpahkan perasaan tersebut kedalam tulisan. Tetapi tetap saja hasil goresan tinta itu hanya sebagai bagian dari proses belajar menulis ataupun tempat untuk berkeluh kesah masalah kisah kasih jaman dulu.

Untuk bercerita mengenai “kejujuran” dalam cinta sendiri tidak sepenuhnya tersurat disetiap goresan tinta melainkan akan tampak seperti apa kejujuran yang telah tersurat itu menjadi nyata. Akan tampak berbeda mungkin jadinya kalau saja sesuatu yang dituliskan tersebut tidak sesuai juga dengan yang diharapkan.

Apa yang tertulis tidak selamanya benar,tapi kadang yang tertulis bisa menjadi bukti seperti apa kisah itu ada. Dan apa yang tertulis di kertas itu kadangkala mengingatkan orang tersebut kepada kisah lalunya, kalau saja dia masih menyimpan surat itu-kalau tidak ya lupakan saja. Tapi kadangkala surat cinta yang masih tersimpan dengan rapi itu yang menjadikan kita mengingatnya dan kemudian kadang tertawa-betapa anehnya waktu dulu, atau malah sedih teringat masa lalu yang begitu naas karena yang ditulis tersebut telah mendahului yang menulis.

9 thoughts on “Surat Cinta

  1. ajpasaribu said: jangan bilang surat cinta mendadak ngetrend lagi. hahaha

    kalau anda terkadang membuat trend tulisan.maklum bacaanmu kan emg ada berbobot, jadi sya juga perlu belajar membaca dan menulis lagi. untuk membuat tulisan yang cukup menarik.

  2. princessdiani said: mo ngirim surat cinta ke sapa wi?

    sejauh ini blum ada mau ngirimin ke siapa sih di,tapi aku pun kalau mengirimkan surat cinta sepertinya cewek itu udah jengah duluan-seperti kada adrian.

  3. ardiwilda said: surat cinta ada yang ekspres gak ye?perangkonya yang 2000an biar cepet

    sampai saat ini sepertinya blum ada kecuali pake tiki paket yg itungannya 25rebu, kirim pagi dihari pertama sampainya siang atau sore dihari kedua.

  4. lovelysillyshilda said: aaaah aku jadi ingat surat cintaku yang pertama ituhahahah norak abisss

    itulah esensi kebodohan surat cinta yang pertama kali.saya juga merasa terlalu begitu puitis, atau aneh malah dengan tulisan itu sampai akhirnya hilang entah kemana kata dia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s