Ini Namanya Wisuda


Berfoto bersama wisuda mungkin bisa menjadi salah satu pemicu untuk segera lulus, tapi bagi saya ini membuat saya sadar kalau saya sudah cukup lama dikampus dan harus segera lulus juga. Mereka adalah angkatan 2005 di Komunikasi UGM, ada yang sudah dulu lulus, ada yang baru wisuda dan ada juga yang masih menggarap skripsi.
Berfoto bersama wisuda mungkin bisa menjadi salah satu pemicu untuk segera lulus, tapi bagi saya ini membuat saya sadar kalau saya sudah cukup lama dikampus dan harus segera lulus juga. Mereka adalah angkatan 2005 di Komunikasi UGM, ada yang sudah dulu lulus, ada yang baru wisuda dan ada juga yang masih menggarap skripsi.

Yap… sudah nggak kerasa memang rasa ini…

waah makin meracau tulisan dikala senggang walaupun besok pagi harus bergegas ada acara pengenalan kampus-lebih tepatnya jurusan. mungkin tidak sebentar saya menutut ilmu, belajar lagi, dan mengulang. Ada 2 tahun sudah saya menuntut ilmu disini-Komunikasi UGM, merupakan tempat yang sangat menyenangkan bagi saya. Dan ini juga tahun ke dua saya menjadi panitia pengenalan kampus yang tahun ini mempunyai nama acara KomunikaSip!

Tapi diwaktu senggang saya mampir hari tadi(19/08), rupanya ada acara wisuda mahasiswa UGM. Moment ini semakin membuat saya merasa tua, lebih tepatnya lagi merasa semakin bangkotan saja dikampus yang memang mempunyai beberapa bangkotan yang sukses. Ada dua acara yang membuat hari ini saya tersadar, yaitu pengenalan kampus Fakultas Ilmu Sosial dan Politik yang hari ini merupakan hari terakhir, dan juga Wisuda. Apalagi kami dan lebih tepatnya saya sudah memiliki dua adik angkatan, damn! membuat saya semakin merasa tua. huh.

Sudah bukan saatnya misuh-misuh ra jelas, dan mencoba menata puing-puing nilai dua tahun lalu yang berserakan. Dengan harapan tidak menjadi bagian orang yang tertinggal cukup lama dikampus, walaupun saya mengenal beberapa orang tersebut.  Mungkin ini pertanda petaka bagi saya, dan itu hal yang wajar karena waktu. Dimana umur bertambah, waktu semakin berlalu. Semua hal bisa terjadi dan membuat kita sadar sudah sejauh mana kita berada diruang waktu itu.

Yah entah saya merasa aneh ketika melangkahkan kaki kearah Taman Fisipol dimana banyak para wisudawan dan wisudawati yang berfoto bersama keluarga, sahabat, ataupun tunangan. Tapi saya menginjak KKN pun belum sudah berpikir aneh sejauh itu, tapi tak masalah bermimpi menjadi mereka hari ini. Tapi kali ini nyata beberapa teman di angkatan 2005 sudah menyicil perlahan tapi pasti akan mendapat gelar S.IP satu persatu. Dan lambat laun akan tiba saatnya saya juga akan menjadi seperti mereka.

Disitu saya merasa tua, padahal sebenarnya masih tua mereka lho. Ya maklum 6 bulan belakangan ini saya terkena sindrom ngerasa tua, yang malah doyan ngece angkatan tua lebih tepatnya angkatan diatas saya. Menikmati pemandangan mereka dengan kebingungan saya yang mungkin tidak mereka pahami. Mereka diantara yang senang kelihatannya, ada juga yang ngerasa sedih karena proposal Bab 1 aja belum buat. Dan itulah sindrom akut yang menempa angkatan akut untuk lulus.

Saya butuh cukup istirahat untuk melanjutkan hari esok. Masih ada KKN ataupun mata kuliah yang harus diulang, dan kemudian merasakan apa yang mereka rasakan juga.

Leave a Reply

