Ini Dia Ospek Kita


Usai juga susunan acara pengenalan kampus yang dimulai sejak Selasa(18/08) kemarin lalu, sungguh menyenangkan sekali bagi panitia apalagi mahasiswa baru angkatan 2009 yang menjadi peserta. Susunan acara pengenalan kampus yang berada di Fakultas Ilmu Sosial Politik cukup menyenangkan sama seperti dua tahun lalu. Hal inilah yang membuat peserta pengenalan kampus lebih senang menjalaninya.

Sudah sejak tahun 2006 kemarin bentuk-bentuk pengenalan kampus atau yang biasa disebut ospek di Fisipol sepertinya sudah jauh dari pernak-pernik yang aneh ataupun di isi dengan bentak-bentakan. Walaupun jenis pernak-pernik ospek seperti name tag memang tidak pernah lepas karena mengingat untuk lebih mempermudah dalam awal perkenalan.

Dari tahun ke tahun memang setiap fakultas mengalami perubahan konten dalam kegiatan pengenalan kampusnya masing-masing. Di Fisipol yang mencoba melakukan pendekatan antara mahasiswa baru dengan mahasiswa tingkat dua ataupun tiga yang menjadi panitia sudah terbukti. Hal ini dapat dilihat dari hubungan mahasiswa lintas angkatan. Melalui perubahan pengenalan kampus ini dapat lebih membuat mahasiswa baru lebih enjoy dalam menjalani kegiatan ospek.

Pada awalnya seperti biasa mahasiswa baru dikumpulkan di lapangan Graha Sabha Pramana untuk mengikuti upacara pembukaan yang biasanya tidak luput dari sambutan rektor disetiap tahunnya. Disini mahasiswa dari 18 fakultas dikumpulkan, dan mengikuti prosesi upacara seperti sambutan, parade beberapa Unit Kegiatan Mahasiswa yang kemudian ditutup dengan pembubaran barisan mahasiswa baru.

Setelah pembubaran, seperti biasa mahasiswa Fisipol langsung digiring menuju kampus untuk melakukan brifieng atau pemberitahuan untuk persiapan ospek dihari esoknya. Walaupun pada tahun sebelumnya sempat dikumpulkan di Balairung atau kantor pusat untuk mendengarkan kata sambutan dari Sri Sultan.

Untuk ospek fakultas pun pemberitahuannya hanya seperti pemberitahuan pakaian, tugas ospek- tugas membuat essay paper. Dan keesokan harinya(19/08) baru dilakukan pembukaan ospek fakultas, karena pada hari selasa(18/08) hanya sebatas pemberian informasi untuk hari esoknya. Hal ini berlaku untuk fakultas secara keseluruhan ataupun masing-masing jurusan.

Ini Namanya Ospek
Dunia kuliah bukanlah seperti sekolah yang seperti disuapi terus menerus, tetapi merupakan dunia dimana banyak pilihan yang sudah selayaknya menjadi tangung jawab diri kita masing-masing. Maka dari itu mungkin bentuk pembodohan sudah tidak sepantasnya dilaksanakan lagi di Fisipol yang notabene mencetak politikus, pemikir – katanya lho ya, maka dari itu bentuk-bentuk pembodohan yang sebagian masih terjadi di fakultas lain pun tetap berjalan dari tahun ke tahun walaupun katanya sudah berkurang juga disetiap tahunnya.

Disetiap fakultas pun memang mempunyai kebijakan yang berbeda dalam hal ini, dan Fisipol menerapkan sesuatu yang berbeda dari kampus lain – terutama teknik atau hukum, mungkin dekanat menginginkan yang lebih bermanfaat dalam ospek dengan menerapkan batasan-batasan kegiatan ospek jurusan. Dan itu sudah terbukti dengan membuat mahasiswa lebih nyaman mengikutinya walaupun tampak wajah-wajah letih yang ikhlas karena memang tanpa ada tekanan selain tekanan tugas paper.

Tahun ini Fisipol sedikit lebih meriah ospeknya, karena ada pementasan dari para panitia dengan maksud untuk menghibur peserta ospek. Hal ini tampak dari tawa ataupun senyum kecil dari para peserta yang tidak bisa ditutupi saat melihat pementasan panitia yang mampu membuat tertawa. Setelah itu seluruh jurusan dicampur kedalam satu kelompok untuk kemudian disebar di wilayah kampus untuk berdiskusi, melakukan permainan dan hal ini merupakan hal yang wajar ketika masih berada di ospek fakultas yang mendekatkan lebih general.

Setelah bermain dan berdiskusi bersama teman-teman baru di ospek fakultas, para maba kemudian dikumpulkan bersama panitia masing-masing jurusan. Untuk lebih dekat lagi dengan tempat dimana mereka(maba) menutut ilmu 4 tahun kedepan. Hal ini agar mempermudah ketika ospek jurusan dimulai, maka setiap panitia pun melakukan briefieng kepada peserta ospek seusai penutupan ospek fakultas.

Senyum pagi hari, obrolan dingin khas perkenalan antara mahasiswa baru, memang tampak dihari pertama ospek jurusan. Masing-masing jurusan pun memiliki tempat untuk melakukan pembukaan ospek mereka yang dihadiri oleh ketua jurusan. Acara pembukaan pun cukup sederhana, hanya mengandalkan fasilitas kampus yang sudah dibagi rata oleh bagian perlengkapan fakultas seperti wireless microphone ataupun megaphone.

Dari setiap ospek jurusan memiliki ciri khas sendiri, seperti ada yang heboh dengan dekorasi tempat dimana dilakukan pembukaan atau malah biasa-biasa saja. Hal ini tergantung dari anggaran disetiap jurusan masing-masing yang berbeda. Dan itu juga berpengaruh dari banyaknya mahasiswa setiap angkatan yang ditampung, Seperti halnya jurusan Ilmu Komunikasi yang tahun ini menampung sekitar 150 mahasiswa.

Disetiap panitia jurusan kebanyakan masih menyuruh mahasiswa baru menggunakan name tag yang dikalungkan. Untuk warna memang diseragamkan, kemudian lebihnya seperti bentuk itu lebih kepada kreasi dari masing-masing kelompok dan tidak dipaksakan lagi atribut-atribut seperti headset, kepingan disc, yang digunakan sebagai atribut tambahan yang masing-masing kelompok menyiapkan sendiri yang memang bukan penugasan dari panitia.

Di ospek jurusan ini, biasanya mahasiswa baru mendapat informasi yang lebih dibutuhkan untuk nantinya menjalani proses perkuliahan pasca ospek. Seperti pengenalan jurusan, seperti apa perkuliahan itu, atau mengenalkan maba kepada dunia yang nantinya menjadi pilihan konsentrasi kuliah mereka. Seperti iklan, jurnalistik ataupun kehumasan. Atau juga materi pendukung seperti motivasi, diskusi dengan kakak tingkat yang lebih mendekatkan lagi mahasiswa baru dengan jurusannya dan agar tahu seperti apa itu jurusan ilmu komunikasi.

Memang sekarang sudah bukan jamannya pengenalan kampus dengan menggunakan kekerasan – walaupun rekayasa, atribut-atribut wajib yang tidak berguna. Tetapi kini kita berusaha untuk mencari esensi pengenalan kampus itu sendiri dengan benar. Di setiap jurusan memiliki konten acara yang hampir sama, karena ada rambu-rambu yang wajib dijalankan oleh panitia sehingga membuat konten acaranya tidak berbeda.

10 thoughts on “Ini Dia Ospek Kita

  1. ardiwilda said: asem, enek seng mirip intan,,hidungnya juga belang, satu intan aja dah males bgt, ini ada pula yg mirip, cen metal chiki tenan, haha

    wah nek gtu aku yo mbuh. intan kok bisa sih ada 2 dikampus.tar klo ad 5 lg,ksian dia. hihi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s