Cerita jalan-jalan kemarin (part Kab Bandung)


Perjalanan menuju desa Sukapura yang terletak di Kabupaten Bandung cukup jauh dari tempat menginap kami hotel Grand Serela daerah Jalan Riau di Bandung, tapi niat kami tidak surut untuk melihat seperti apa Bidan Eny mengabdi di desa. Sekitar dua jam lebih waktu yang dibutuhkan untuk mencapai rumah sekaligus tempat praktek Bidan yang telah naik haji ini.

Udara dingin kota Bandung kali ini tidak sedingin tahun lalu waktu saya berkunjung kerumah teman saya. Kali ini saya hanya menggunakan kaos dan rompi saja. Dan udara pun tidak begitu dingin ketika sudah sampai rumah Bidan Eny yang tempatnya cukup tinggi dari permukaan laut, bisa dikatakan puncak tapi nggak begitu dingin saat itu.

Bidan Eny cukup tangguh dengan jalan yang menghubungkan desa cukup parah kondisinya, dengan lubang-lubang yang menganga serta digenangi oleh air sisa hujan kemarin. Tapi begitulah kondisi jalan yang dilewati oleh Bidan Eny setiap hari, dari kampung ke kampung menggunakan motor dan apabila tidak bisa dijangkau dengan motornya beliau menitipkan motornya kerumah warga dan kemudian melanjutkan perjalanannya menuju posyandu yang merupakan rumah warga.

Kesibukan hari-hari Bidan Eny ini selalu keluar masuk kampung, karena memang beliau menangani sekitar 30 posyandu yang tersebar luas. Kalender dibelakang meja kerjanya menjadi catatan hari demi hari kemana Bidan Eny harus berada di Posyandu disuatu daerah. Apalagi disusul beliau harus ke Puskesmas juga setiap harinya dari pukul 8-10 pagi, sisa waktunya itulah yang digunakan untuk ke Posyandu dan bekerja di rumah menjadi bidan.

Masalah pendidikan yang kurang, tingkat ekonomi rendah menjadikan kebanyakan bayi ataupun balita di desa Sukapura kebanyakan mengalami gizi kurang, disinilah peran Bidan Eny untuk melakukan penyuluhan, ataupun program makanan tambahan kepada Ibu Hamil, Bayi dan Balita di beberapa posyandu tersebut. bagaimana menyiasati dengan uang yang pas untuk gizi yang cukup.

Cerianya anak-anak di desa makin lama makin bertambah, dengan mulai kesadaran akan gizi dan kesehatan dimasyarakat desa Sukapura. tawa, canda yang dulu hanya tatapan lesu anak yang kurang gizi.

Persembahan dari Kine Club Komunikasi UGM yang membantu produksi profile Finalis Skrikandi Award yang diadakan oleh Sari Husada

*foto kegiatan Posyandu Bidan Desa disini

*foto suasana Posyandu disini

*foto Program Bidan disini


2 thoughts on “Cerita jalan-jalan kemarin (part Kab Bandung)

  1. mohon konfirmasinya untuk yang menpublikasikan ini,, nama bidan yang tercantum salah. seharusnya bidan ERNI bukan ENY. terimakasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s