Aksi 1000 Lilin Kemanusiaan untuk mengiring Kepergian Gus Dur



VIVAnews – Sebelum menghembuskan nafas terakhir, pukul 18.45 WIB (sebelumnya disebutkan 18.40 WIB), kesehatan mantan Presiden Abdurrahman Wahid merosot pada pukul 11.00 WIB. Dokter Aris Wibudi dari Tim Dokter Kepresidenan kepada wartawan di RSCM, Rabu 30 Desember 2009 menuturkan kronologi detik-detik terakhir wafatnya Gus Dur.

Sabtu 26 Desember 2009 – Kesehatan menurun, namun kondisinya sempat membaik

Rabu 30 Desember 2009 – Pukul 11.00 WIB, kondisinya memburuk akibat komplikasi penyakit diabetes dan ginjal. Setelah dilakukan pengobatan intensif, kondisinya tetap memburuk. – Pukul 18.15 WIB, Gus Dur kritis – Pukul 18.45 WIB, Gus Dur dinyatakan wafat

Mengutip dari Vivanews, setelah beberapa jam kemudian saya mendapat kabar dari status facebook teman saya. Dan kemudian saya konfirmasi, dan saya lanjutkan menuju ketempat. Saya mendapat konfirmasi langsung dari teman saya melalui pesan singkat yang sepertinya template “Aksi 1.000 lilin kemanunisaan untuk mengiring kepergian gus dur malam ini, pk 22.00 di Tugu Jogja. Sebarkan” begitu mendapat sms ini saya langsung berangkat menuju Tugu Jogja untuk mengetahui suasananya seperti apa.

Aca ini berjalan hikmat walaupun terletak ditengah-tengah jalan. Dan sebagian orang yang berfoto-foto di Tugu sedikit mengganggu prosesi apalagi para fotografer hobi yang hanya sekadar iseng saja. Hal ini tentu saja makin membuat teman saya terganggu dan dia menyampaikannya setelah prosesi selesai dan kami masing-masing tiba dirumahnya.

“makin lama semua org yg punya kamera bisa bertindak seenaknya dalam sebuah acara – FUCK!!!” he chat YM with me, suatu quote untuk menutup akhir tahun yang cukup mengena kalau memang sadar.

Lilin yang dipegang ini untuk wujud bela sungkawa, dan kemudian teman-teman sambil ngobrol mengenai perjalanan hidup Gus Dur
foto mendiang waktu menjabat sebagai Presiden

Translate to english by Google Translate

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s