Performance Art Jemek Supardi in Water Day


Tanggal 1 mei 2010 lalu, warga nDarakan, Kota Gede menghidupkan kembali Tradisi Musik Ciblon. Ciblon sendiri yang merupakan salah satu kesenian yang hanya dapat dilakukan di dalam air, baik kolam ataupun sungai. Dengan cara menepuk-nepukan tangan ke dalam air sehingga menghasilkan suara yang nyaring dan enak didengar. Ciblon ini biasa dilakukan oleh warga yang tinggal di pinggir sungai, untuk menghilangkah kelelahan setelah mencuci, ciblon biasanya dilakukan sambil mandi di sungai atau di kolam. Maka dari itu dalam memperingati Hari Air se-Dunia (World day of Water) ditanggal 22 maret 2010 ini diselenggarakan pada tanggal 1 mei 2010. Walaupun sedikit terlambat, tetapi acara ini tidak kehilangan momentum dari hari air sedunia itu sendiri.

Acara yang dimulai pukul 14.00 WIB ini dimeriahkan oleh kegiatan penanaman pohon, kemudian talk show dengan tema seputar persoalan pentingnya air bersih. Dalam acara ini Jemek Supardi melakukan performance art yang mengangkat isu tentang persoalan air bersih. Performance yang memadukan unsur seni pantomim dan musik ciblon ini dilaksanakan di bantaran Sungai Gajahwong, Kotagede, Yogyakarta dengan tajuk “Ritual Memanggil Ikan”.

World day of water sendiri merupakan inisiatif peringatan yang diumukan pada sidan umum PBB ke 47 tanggal 22 desember 1992 di Rio de Janeiro, Brasil. Tujuan dari peringatan ini adalah menyadarkan kita akan pentingnya air bersih dan usaha untuk menyadarkan pengelolaan air bersih yang berkelanjutan. Mungkin pada saat ini kita masih bisa menikmati air bersih dengan cuma-cuma. Tapi bagaimana kondisi kita saat 20 tahun atau 50 tahun lagi. Siapa yang tahu? hanya kita semua yang bisa sadar diri dan berusaha. Saya ingat dulu sempat dapat file power point dengan judul Surat dari teman di tahun 2070, yang mungkin dianggap spam, hoax atau apapun itu. Tetapi hal itu merupakan bayangan nyata saat ini, ketika semuanya sudah terjadi ketidak seimbangan. Silahkan di unduh filenya yang saya maksud disini, dan mari kita saling menyadarkan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s