Ini Kebudayaan, itu semangat kami.


Sebuah Notes Facebook tertanggal 17 Juni 2010.


Sebenarnya banyak hal yang menarik dari obrolan kemarin malam di Angkringan Umar Kayam. Bersama para fotografer muda Jogja, salah satunya Koh Budi N.D Dharmawan yang memutarkan slide show foto mengenai ketoprak tobong, dan juga menceritakan selama pemotretan kisah-kisahnya. Saya sadari saya masih jauh dibawah Koh Budi yang sudah bergelut dengan dunia memotret sejak SMA – denger-denger sih gitu. Dan saat ini sudah berprofesi sebagai freelance photojournalist.

Bersama forum CEPHAS photo forum yang malam itu di isi oleh koh budi dengan on going project mengenai ketoprak tobong. Yaitu ketoprak yang berpindah-pindah. Bagaimana koh Budi memotret kehidupan para pemain ketoprak tobong, menurut saya bukan mengangkat dalam sudut pandang kesulitan mereka. Tetapi lebih kepada bagaimana mereka bisa tetap survive untuk tetap bermain tanpa bayaran, yang penting nutup untuk uang solar(genset) untung ya syukur.

Mungkin sebagai orang awam akan berpikir ini foto apa, tetapi secara pribadi saya lebih senang bagaimana Koh Budi bercerita tentang proses pemotretan, seperti pendekatannya, mengenal objek, dan kemudian mungkin dianggap salah satu bagian dari mereka. Sesuatu yang mungkin sulit saya capai, ketika saya masih setengah-setengah dalam dunia fotografi jurnalis.

Pendekatan butuh waktu, foto butuh cerita sebagai penguat apa yang di foto. Bukan sekadar foto lewat lagi, tetapi mungkin bisa menjadi sesuatu yang menarik untuk diteliti lagi objek ketoprak tobong di Jogja sendiri. Walaupun di Kediri kalau tidak salah masih ada dua kelompok ketoprak tobong yang bertahan.

Yah diskusi foto on going project koh Budi selesai dengan diskusi yang hangat, berbagai masukan, mengenai ketoprak tobong yang di Jogja. Banyak masukan dari mas Wicak, Mas Himawan, kemudian ada pak Elias yang banyak menceritakan tentang ketoprak tobong, dan ada beberapa teman yang saya belum begitu kenal. Saling memberikan masukan mengenai apa yang sedang dijalankan koh Budi ini.

Diskusi itu sebenarnya membuka pandangan saya mengenai keapatisan kita sebagai orang luar, sedangkan kita tampak apatis tapi nonton sebagai bentuk menghargai pun nggak. Tetapi mereka sebagai pemain, ataupun pelaku ketoprak tobong sendiri biasa-biasa saja walaupun mereka menyimpan ketidak yakinan mereka tentang kelanjutannya.

Mungkin saja mereka bisa kembali ke kampug halaman masing-masing, bertani, menjadi buruh, atau apapun itu untuk terus menyambung hidup. Walaupun tidak menjadi pemain ketoprak yang sebenarnya hal itulah yang hanya bisa mereka lakukan.


Setelah forum diskusi selesai saya pun tidak langsung pulang, seperti biasa menikmati sajian mas Anam dan mas Restu. Sambil nonton bola sebentar, dan mungkin sudah tak tahan lagi ngantuknya saya pun segera melunasi tagihan es susu dan es teh saya. Begitu saya diatas motor, rupanya diskusi berlanjut lagi nih mengenai on going project koh budi. Kali ini bersama orang-orang yang mungkin nggak semua saya kenal, cuma tau ada om djaduk, mas vindra, mas berto, mas lekir.

Sebelum saya tancap gas saya dengarkan beberapa kalimat yang cukup menyentil saya. Sama seperti diatas tadi, mereka (ketoprak tobong) tampak mati suri tetapi semangat ketoprak mereka tetap ada. Mati dalam arti apa? mati dalam arti tidak mati semangatnya. Sekilas saya mendengarkan kemudian langsung balik kerumah.


Semoga kebudayaan kita adalah keapatisan kita – apatis yang peduli atau nggak? apapun itu bentuk apatisnya. Mereka mempunyai semangat besar untuk tetap menjaga kebudayaan kita, tanpa kaum muda yang sudah sedikit yang care. Semangatlah untuk tetap menjaga semua itu sebagai identitas bangsa.

2 thoughts on “Ini Kebudayaan, itu semangat kami.

  1. astridalastiya said: ya at least kamu pun sudah care dwi, dengan bercerita, aku jadi tahu toh🙂 walau kecil tapi plg ga berusaha, mari – mari gan🙂

    saya berdoa saja deh. Tuhan menyuruh kita untuk berdoa.

Leave a Reply

