Cinema For Refugee Merapi


Cinema For Refugee Merapi, merupakan sebuah ide kecil dari teman-teman Komunikasi UGM. Disana ada salah satunya Yustan dan Matahari, kemudian ada dari teman-teman lain yang mendukung acara ini. Ada Blasisus Abraham atau Abim, Praditya alias Rere, ada Nesha Prameswari, Tika, Ari bantul, kemudian Dimas, dan beberapa teman lain yang mendukung kegiatan ini. Ide kegiatan kecil ini sebenarnya merupakan ide dadakan, untuk memberikan apa ke pengungsi merapi dipengungsian.

Dihari minggu siang 6 November 2010, korps mahasiswa komunikasi UGM lagi pada kumpul di kantin kampus. Ya karena kampus UGM ditiadakan kegiatan akademik sampai tanggal 13 November, dan diperpanjang hingga tanggal 28 november dengan menonaktifkan aktifitas belajar tatap muka dikampus. Karena kondisi merapi belum diturunkan statusnya dari Awas menjadi Siaga, dan banyaknya mahasiswa yang menjadi sukarelawan untuk merapi, dan juga beberapa dosen yang bisa dikatakan sebagai pengungsi(karena rumahnya ada yang masuk daerah bahaya).

Kumpul-kumpul siang itu juga teman-teman mengumpulkan seadanya yang bisa kita lakukan untuk membantu para korban bencana merapi yang sedang berada dipengungsian. Karena sejauh ini yang saya lihat dipengungsian para pengungsi yang berprofesi sebagai ternak sapi, pemiliki kolam ikan, kebun, petani, mereka rata-rata tidak ada mata pencarian untuk kehidupan sehari-hari karena sumber penghasilan mereka sedang terkena dampak merapi. Kemudian juga ada beberapa pegawai negeri yang rumahnya berada dikawasan bahaya merapi pun, tetap libur. Sehingga kebanyakan pengungsi kegiatannya banyak dihabiskan diposko pengungsian.

Sejauh saya mengamati untuk di posko yang ditangani oleh Gelanggang Gadjah Mada Emergency Respone yang dikelola oleh teman-teman Gelanggang Mahasiswa UGM. Yang menggunakan gedung Gelanggang Mahasiswa sendiri dan Gedung Purna Budaya. Dari dua posko ini jumlah pengungsinya di Posko @ger_ugm Total 1163 jiwa (gelanggang mhs : 264. purna budaya : 899 ) – data 10 November 2010. Dan update terakhir via @ger_ugm berjumlah 1.086 jiwa yang merupakan total pengungsi yang ditangani oleh teman-teman gelanggang mahasiswa UGM. Karena pada tanggal 15 November, barak yang menggunakan ruang sidang di Gelanggang UGM dipindahkan ke Purna Budaya.

Jumlah ini berganti-ganti karena ada pengungsi yang pindah ke rumah sanak sodaranya ketika mendekati Idul Adha, sehingga datanya turun dari sehari sebelumnya. Aktifitas yang biasanya terpisah antara Gelanggang dan Purna Budaya pun sudah tidak ada, karena pengungsi sudah dikonsentrasikan di Purna Budaya dan Gelanggang digunakan sebagai Logistik, Dapur Umum, dan Kesehatan. Hal itu mempermudah untuk mengontrol logistik yang diperlukan pengungsi, dan mengontrol pengungsi disatu tempat lebih mudah. Dan fungsi kegiatan untuk traumahealing sendiri dapat lebih efektif, karena dikumpulkan dalam satu tempat. Menjadi lebih efektif dan efisien, sekali mengadakan dalam satu waktu jumlahnya tidak terpecah lagi (ketika belum digabung).

Mengingat perlunya sedikit hiburan, yang benar-benar menghibur kami pun yang juga merupakan ide Yustan dan Matahari jalan untuk mengadakan pemutaran di Hall TGM sampai tanggal 13 November. Dan disaat itu ada dibeberapa tempat seperti posko pengungsi di Babarsari, dan nanti rencananya akan dilakukan pemutaran di JEC bekerjasama dengan teman-teman KKN peduli bencana UGM 2010. Semua ide ditampung oleh teman-teman, dan dikerjakan bersama-sama untuk kebaikan bersama juga. Dan ini juga mengingat akfitias perkuliahan tatap muka di non akfitkan sampai tanggal 28 november, membuat kami untuk membantu memberikan hiburan pengungsi melalui “Cinema For Refugee” Merapi.

Walaupun mengingat banyaknya kegiatan ditempat posko-posko pengungsi yang lain, kami pun bisa mengatasi kendala kekosongan pemutaran dengan pemindahan tempat pemutaran ke tempat yang lain. Karena setiap malam disetiap posko beberapa ada yang sudah memiliki jadwal rutin setiap harinya. Walaupun begitu tidak menjadi kendala dalam kegiatan Cinergee ini.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s