Review Bushnell Televar


Jumat (24/12) merupakan hari yang cerah, tapi sayang baru hari ini saya sempat untuk pergi keluar dengan membawa kamera dan lensa baru saya. Sebuah lensa yang cukup unik, tetapi sangat sulit digunakan.

Saya mendapatkan lensa itu karena memang ingin menguji seperti apa hasil dari lensa tersebut, Bushnell Televar Variable. Ada beberapa hal yang membuat saya tertarik untuk membeli lensa unik ini, pertama karena saya anggap ini lensa cukup langka, kedua bentuknya unik dan focal length yang cukup menggiurkan (325mm f 8 – 650mm f16). Walaupun menggunakan tipe mount lensa ini M42, sehingga saya menggunakan converter untuk dipasangkan di body 7D. Dengan keadaan bukaan diafragma tidak dapat diubah, karena sesuai dengan jarak focal length tersebut.

Kemudian saya akan membahas lensa Bushnell Televar unik ini, pertama dari sisi body, materialnya. Dalam hal ini material yang digunakan Lensa ini full metal, yang sangat kokoh. Kemudian yang menarik adalah bentuknya seperti monocular, entah fungsi awalnya lensa ini sebagai teropong atau memang digunakan sebagai pemotretan dengan kamera film. Karena ketika digunakan langsung pun bisa jadi teropong atau monocular. Setelah itu saya akan beralih pada hal yang paling menarik menurut saya, pada bagian ini tampaknya sedikit terlupakan. Dimana jajaran lensanya yang sederhana, dan juga kualitas optik yang digunakan mungkin sangat dibawah standar. Tetapi kalau digunakan secara kasat mata tidak menggunakan kamera sudah sangat cukup untuk meneropong.

Entah mengapa lensa produksi jepang kali ini menggunakan optik yang bisa dikatakan kualitas bawah. Terbukti dari hasil uji coba saya, dengan menggunakan kamera canon 7D. Sulit mendapatkan fokus, ataupun infitity fokusnya bisa dikatakan tidak ada menurut saya. Atau mungkin karena kualitas optik yang rendah menyebabkan gambar yang dihasilkan oleh sensor digital tidak sebanding dengan lensa-lensa lain. Hasil foto dan video review lensa Bushnell Televar ini tanpa retouch, hanya resize saja.

Foto ini menggunakan lensa Bushnell Televar dan Canon 7D. Focal Length 325 mm.
Masih ditempat yang sama, kali ini menggunakan Focal Length 500 mm.
Nembaknya agak bergeser ke kanan atas, tetapi pada posisi focal Length 600 mm.

Leave a Reply

