Tulisan Pamungkas akhir tahun 2010


Apa sih yang menarik buat kamu diakhir tahun? jelasnya menikmati akhir tahun bersama dia, bersama teman-teman, atau mungkin bersama keluarga. Bersama mereka, kita bisa menikmati berbagai menu penutup diakhir tahun. Mulai dari bakar membakar, oseng-oseng, atau lebih praktis lagi langsung menuju fastfood. Tapi sayangnya fastfood tidak dapat memberikan suatu makna kebersamaan yang sebenarnya, apalagi diakhir tahun.

Nggak kerasa aja tahun 2010 sudah mau habis, dan saya benar-benar lupa pada resolusi tahun ini yang sudah Ardi Wilda buatkan pada sebuah kalender sederhana. Maafkan saya kawan, terlebih saya harus benar-benar meminta maaf pada kedua orang tua saya. Belum bisa melaksanakan resolusi tahun 2010 ini, magang di media cetak di Jogja.
Tahun 2010 ini juga saya masih merasa penuh dengan kegagalan, belum mampu untuk menyelesaikan semuanya. Resolusi gagal, malah terlupakan setelah kalender yang Wilda berikan saya balik – jadi keliatan putih doang. Maksudnya biar kembali ke hati yang suci, tapi malah lupa sama target sendiri.
Kalau mengingat-ingat masalah menu menyambut akhir tahun, saya punya cerita yang cukup menarik kalau diperhatikan dari tahun ke tahun selama di Jogja. Karena menurut saya setiap pergantian tahun, setidaknya selama seminggu sebelum pergantian tahun menjadi cerita menarik. Dimana akhir tahun yang berarti tanggal 31 Desember, yang berarti identik dengan tanggal tua alias kantong kering bagi sebagian besar anak rantau seperti saya.
2007 ke 2008
Menu akhir tahun pertama saya di Jogja cukup naas, layaknya anak kost tanggal tua. Dan sama sekali tidak spesial, bareng anak kost nonton bareng dikamarnya David yang memang berbau mesum dengan komputernya yang aduhay jebotnya.
Mengingat tahun pertama saya di Jogja, cukup cupu dan nggak ngerti apa-apa. Apalagi saya datang dari jauh di Samarinda ke Jogja, kemudian notabene dianggap hutan disana sama teman-teman kampus. damn! maka itulah saya sangat cupu dan nggak kenal siapa-siapa dikampus.
Maka perpindahan tahun 2007 ke 2008 dihabiskan bersama kacang kulit rasa, minuman bersoda berlogo merah ceria, kemudian dicampur sedikit dengan mix max anggur, maklum kere diakhir tahun beginilah. Ditambah dengan cemilan dari angkringan depan kosan, ada mas Anto yang lagi jaga. Tinggal ambil gorengan, sate usus, minuman kurang tinggal minta.
Sayangnya semua jajanan di mas Anto malam itu terhitung ngutang dibayar minggu depan, itu memang benar-benar kantong kering bukan pada saya tetapi pada beberapa anak kost.
Lucunya orang-orang pada berkumpul pada titik keramaian, seperti nol kilometer, cafe-cafe, daerah Kaliurang ataupun tempat-tempat yang mengadakan perayaan perpindahan tahun.
2008 ke 2009
Malam tahun baru ini cukup spesial😀 why? akhir tahun 2008, saya nggak kayak orang kantong kering. Sama sekali nggak kering, dan nggak becek atau banjir. Tetapi akhir tahun 2008 itu cukup normal keuangan saya. Sehingga seminggu mengakhiri tahun tidak begitu sulit untuk menyambung hidup.
Tahun ini saya bersyukur sekali, mendapatkan setelah sedikit memaksa kedua orang tua saya. Yaitu rumah kecil nan minimalis, yang saya tinggali sendirian. Rumah baru, tetangga baru dan suasana baru. Sudah tentu untuk memulai semuanya saya mengadakan malam tahun baru dengan masak-masakan yang cukup menarik, saya, Pak Mardi, Mas Sugeng kami bertiga urunan uang buat masak-masakan. Mungkin lebih tepatnya istrinya pak Mardi yang masakin semuanya, semacam sukuran malam pergantian tahun gitu.
Urunan uangnya pun nggak begitu banyak, cuma 30 ribu dengan makanan sepuasnya. Dan dimasakin ayam goreng, lele goreng beserta lalapannya. Cukup kenyang sekali menikmati malam pergantian tahun bersama tetangga baru walaupun nggak semuanya.
Makan bersama tetangga dan dua orang tukang yang ikut membangun rumah ini. Setidaknya saya masih mengingat itu, walaupun saya tidak begitu ingat siapa namanya dan dari mana. Tapi saya ingat ada dua orang tukang yang datang untuk makan-makan dan ngobrol-ngobrol diakhir tahun 2008.
2009-2010
Akhir tahun yang sudah semakin akrab, semakin tua dikampus. Ini tahun ketiga saya di Jogja, sudah semakin akrab dengan teman-teman. Maaf bukan underdog lagi seperti tahun-tahun sebelumnya. Akhir tahun kemana? yap akhir tahun saya mendapat suguhan spesial dari beberapa teman-teman kampus yang ngadain tahun baruan dirumah.
Lengkap dari dekorasi, kue, minuman, dan sebagai macam pernak perniknya semuanya ada dirumah. Dan sayangnya saya tinggal mereka sejak kelar maghrib, untuk bertugas mendokumentasikan kegiatannya teman-teman Dimas Diajeng Jogja.
Karena pada pagi hari itu saya membaca informasi mengenai penutupan jalan, sehingga saya datang lebih awal untuk menikmati acara akhir tahun dipusat keramaian. Yang cukup menguras energi, bersama masyarakat Jogja yang menikmati pergantian tahun di daerah nol kilometer, sedangkan saya di lingkungan Monumen serangan 1 Maret yang menjadi venue teman-teman Dimas Diajeng Jogja mengadakan acara.
Menu akhir tahun ini adalah nasi bungkus konsumsi panitia acara, terbayarkan rasa lelah dan lapar setelah menghabiskan malam bersama di monumen 1 maret. Melihat walikota Jogja, bermain DJ, beserta kapoltabesnya, sungguh memberikan suasana berbeda dan saya mendokumentasikan kegiatan akhir tahun itu.
Lelah saya terbayarkan untuk menikmati akhir tahun diluar rumah, setidaknya bisa dapat uang saku hasil keringat diakhir tahun. Semuanya terjamin malam itu, mau snack ada, makan besar pun tersedia beserta minumnya. Bukan menu sederhana karena acara ini diadakan oleh Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta, menu ini terbilang mewah untuk konsumsi panitia kalau kelas mahasiswa. Untungnya ini anggarannya agak besar, jadi bisa menikmati makanan setelah kelar kerja dengan obrolan-obrolan seru walaupun saya belum bisa membuka obrolan dengan teman-teman Dimas Diajeng Jogja dengan hangat. Masih agak kaku sekali saya waktu itu, tapi nggak masalah bagi saya yang ingin belajar.
2010-2011
Sebentar lagi menunggu mau apa? dan dimana? bersama siapa

Leave a Reply

