Nilai Sejarah Yang Tersisa


Saya bertanya pada google, malah google menjawab ke adeknya si Yahoo. Dan tentunya jawaban dari Yahoo Answer malah banyol dan sedikit yang solutif untuk memulai tulisan ini. Tetapi kalau refrensi sepengalaman saya tentunya saya suka sekali sejarah. Mengapa sejarah? secara pribadi saya sih ngejawabnya dengan sejarah aku bisa sedikit bernostalgia, flashback, tentunya cerita.

Sebuah penjelasan singkat, tentunya itu juga merujuk dari pendahulu yang menjelaskan sejarah itu apa. Nah yang paling dekat dengan kita di Indonesia adalah sebuah kamus tebal, ada stiker birunya itu.  KBBI tentunya. Penjelasan lebih detilnya bisa klik disini.

Dalam Kamus Umum Bahasa Indonesia yang ditulis oleh W.J.S. Poerwadaraminta menyebutkan bahwa sejarah mengandung tiga pengertian sebagai berikut:

  1. Sejarah berarti silsilah atau asal usul.
  2. Sejarah berarti kejadian dan peristiwa yang benar-benar terjadi pada masa lampau.
  3. Sejarah berarti ilmu, pengetahuan, cerita pelajaran tentang kejadian atau peristiwa yang benar-benar terjadi pada masa lampau.
Daripada ngobrolin sejarah secara harafiah, saya pengen narik sejarah ini dari sisi peninggalan arsitektur, bangunan tepatnya. Karena belakangan ini kampus saya itu lagi getol-getolnya bikin bangunan baru dihampir semua fakultasnya. Kalau teman-teman aktifis pada gencar menolak komersialisasi kampus. Tetapi hemat saya adalah nggak usah ngebangun bangunan baru, gunakan saja yang lama toh kuat-kuat dan punya nilai sejarah yang baik. Coba deh bangunan dalam satu Universitas itu sama semua, tempat kuliah kayak kampus swasta padahal kampus negeri.
Hilangnya sejarah dari bangunan, itulah yang dilakukan Universitas Gadjah Mada dari bangunan perkuliahannya disebagian besar.

Leave a Reply

