Pusat Informasi Kompas


Dalam suatu kesempatan, dimana sebelum kami memproduksi sebuah film dokumenter Maaf, Bioskop Tutup yang menyabet kategori pilihan juri Komunal dalam Festival Film Dokumenter tahun lalu. Saya dan Ardi Wilda, dalam kesempatan yang mendadak menyempatkan untuk mendapatkan beberapa refrensi mengenai bioskop-bioskop yang berada di Jogja. Pusat Informasi Kompas (PIK), merupakan sebuah pusat arsip dari Kompas, rupanya tidak hanya Kompas sebagai koran harian, tetapi ada beberapa media yang berada dalam group Kompas pun arsipnya dapat dilihat secara digital disini. Tentunya untuk mendapatkan informasi yang kita butuhkan tidak gratis.

Disebuah kesempatan saya jalan-jalan bersama Wilda ke PIK, yang berlokasi di belakang kantor Kompas Group Kotabaru, Jogja. Tempatnya ruangan Pusat Informasi Kompas ini memang agak tersembunyi, bagi yang belum pernah kesana. Silahkan tanya satpam, dari pos satpam akan terlihat petunjuk menuju ruangan PIK. Ruangan PIK ini terletak dilantai 1(diatas), setelah naik nah ikuti saja petunjuk untuk menuju kesana. Tidak hanya saya yang kali pertama datang ke PIK Jogja, rupanya disuatu ketika saya bertemu dengan teman saya Rahmat dan Udin rupanya mereka berdua juga malah belum tahu sebuah gudang informasi yang dimiliki oleh Kompas ini.

Pengalaman siang itu saya jadikan sebuah pelajaran, bahwa menyimpan sesuatu itu tampaknya punya nilai sendiri. Seperti sebuah catatan sejarah yang tertata rapi dengan urutan-urutan digital, tinggak ketik di “search” semua yang kalian butuhkan dapat. Sama halnya seorang pemilik buku-buku tua, apakah dia mau dengan murah hati berbagi apa yang mereka miliki (buku) ? tidak mudah. Akan tetapi PIK ini memang memberikan kemudahan ketika pemerintah tidak memiliki sistem arsip yang baik. Dan ada Kompas yang sudah membantu orang-orang untuk mendapatkan informasi apa yang mereka butuhkan. Kita tidak harus mengenal orang yang memiliki refrensi yang kita butuhkan, tetapi kita dapat menelusurinya melalui data-data yang sudah kita dapatkan di PIK ini.

Untuk pengunaan foto lebih lanjut hubungi saya

Pusat Informasi Kompas, Jogja

Pusat Informasi Kompas, Jogja
Pusat Informasi Kompas, Jogja
Daftar Harga PIK

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s