Ekspresi Kelulusan SMA di Jogja


Untuk penggunaan foto silahkan hubungi pemilik blog ini. Terima kasih.

Kelulusan ditingkat sekolah manakah yang paling berkesan? mungkin kalian kebanyakan akan mengatakan waktu SMA, SMU atau SLTA (banyak sebutannya, sukasukadiknas). Secara psikologis, kalian disini mengalami banyak gejolak emosi, kemudian peningkatan cara berpikir (semoga saja juga), tentunya lebih dihadapkan pada banyak kenangan-kenangan yang lebih sulit dilupakan ketimbang kalian lulus SD apalagi TK. Moga-moga kalau SMP masih inget yak.

Berapa tingkat kelulusan SMA di Jogja tahun ini? sejujurnya saya tidak begitu peduli. Karena saya yakin, kota pelajar ini punya tingkat kejujuran lebih tinggi dalam kelulusan siswa-siswi SMA atau SMK-nya. Menurut info yang saya lagi males nyantumin disini. Tingkat kejujuran dalam kelulusan SMA di Indonesia tertinggi dipegang oleh kota Jogja. Sudah tentu ini tidak lepas dari kerja maksimal para guru, guru les juga, orang tua yang cerewet ke anaknya, dan juga tentunya sang penjual soal dari pusat (ups).

Nah tentang jumlah kelulusan, dan tingkat kejujuran. Tampaknya saya masa bodo lah, karena saat ini lebih tepatnya disebut sebagai “industri” pendidikan. Buktinya? mungkin kalau yang nyadar bisa berbagi, gimana rasanya pendidikan belum merata disegala golongan masyarakat, kemudian semakin mahalnya pendidikan (ada yang bilang wajar), dan tampaknya Dinas Pendidikan kita jarang kena audit dari KPK biar kecium bau korupsinya.

Tapi melihat teman-teman yang baru lulus SMA ini, mereka tampak gembira sekali. Yak! tidak dapat dipungkiri, saya pun juga senang sekali ketika dinyatakan lulus SMA. Sama seperti halnya saya berharap agar bisa segera lulus juga dari Unversitas Gadjah Mada ini.😦

Berbeda. Lain dari kebanyakan perayaan kelulusan, siswa SMA De Britto ini memilih long march dari sekolahnya menuju Tugu Jogja. Ditutup dengan foto bersama, tanpa aksi corat-coret baju. Karena baju seragamnya akan disumbangkan.

Padmanaba. Salah satu kelas dari SMA 3 Jogja, memberikan ratusan nasi kotak kepada tukang becak, pedagang yang berada tidak jauh dari tugu. Sebagai wujud terima kasih, dan berbagi.
Corat-coret. Salah satu SMA negeri di Jogja menunjukkan ekspresi kebahagiannya dengan aksi corat-coret seragam sekolah.

5 thoughts on “Ekspresi Kelulusan SMA di Jogja

  1. Lagi cari picture dgn keyword “tugu jogja”, ketemu ini. Sumpah menginspirasi banget! (2 picture yg atas) Andai semua SMA SeINDONESIA begini, bakal menjadi perbincangan dunia yg besar😀
    Sukses! Salam kenal.

  2. wah, cara merayakan yang bener2 beda.. malahan positif…

    two thumbs up untuk dua sekolah yang disebutkan di gambar hehehe, kalo yang terakhir,, hmm, gimana ya…. tidak setuju

    salam kenal..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s