Gaya Hidup dan Bosan


Fotografi. Siapa yang sekarang tidak mengenalnya, perlukah lagi dijelaskan apa itu fotografi? Coba deh di googling. Atau kita ambil rujukan dari wikipedia aja. Jadi rasa-rasanya sekarang saya tidak perlu menjelaskan sedetil apa itu Fotografi, Photography or something.

Seni atau Bukan?

Secara pribadi saya tidak bisa mengatakan fotografi sebagia sebuah seni “fotografi”. Seperti ditambah embel-embelnya didepan, hal ini saya berani menyatakan diri bisa menjelaskan fotografi dari sisi seni atau lainnya. Wajarlah karena saya sangat bodoh dalam hal seni, bukan tidak mau belajar tetapi tidak berani untuk berstatment dalam ranah seni.

Tidak seperti orang-orang yang “berkutat” di fotografi, maaf dalam hal ini berkutat adalah para “fotografer” di komunitas-komunitas yang tampaknya memang sangat mencintai fotografi dari sisi seni. Jujur saya kagum karena mereka bisa menjelaskan, bla bla bla… kecuali saya.

Perkara seni atau bukan sebenarnya mudah, itu hanya perspektif dari pribadi masing-masing dalam menanggapinya.  Secara pribadi saya nggak bisa ngejelasin apa itu fotografi dalam ranah seni, saya nggak tahu. Sama halnya Julian Sihombing dalam sarasehan pamerannya di Bentara Budaya Yogyakarta, “berhubung gue nggak ngerti seni, jadi kalau gue motret ya motret aja.” Singkatnya.

Masih perlukah membahas hal tersebut? sayangnya sangat tidak perlu. Jalani saja hobi, pekerjaanmu atau apapun itu. “Just Do It”

Gaya hidup dan Bosan

Canon salah satu pemain di bidang fotografi dan tentunya alat-alat kantor (printer, dll). Yang belakangan ini mengeluarkan DSLR EOS 1100 D dengan printad di beberapa majalah lebih mengedepankan lifestyle tentunya dengan bandrol cukup terjangkau.  Dan tentunya sudah dibahas oleh teman saya Herwanayogi di blognya (maaf lupa linknya)

Ini sesuatu yang membanggakan sekaligus turut prihatin atas semangat ranah fotografi akhir-akhir ini. Kok tampaknya saya ngomongnya serius dan seperti menyerang ya? (kalau nggak bisa motret ya mengkritik foto). Nah disitulah saya prihatin, dengan istilah lifestyle (gaya hidup) yang melabeli produk Canon itu.

Yak! Tepatnya lambat laun disadari orang bisa disebut sebagai “fotografer” dengan kamera besar (DLSR) tergantung dilehernya, atau mungkin membawa tas kamera bertuliskan merek kamera atau merek tas kamera itu sendiri. Kalau saya sejauh ini ditanya, akan saya jawab “hobi” dan kadang mentok ditanya “freelance”. (jujur saya juga mau ketawa nulis tulisan serius gini)

Kebosanan dengan “DSLR” yang jadi gaya hidup, tampaknya saya lebih ingin menyembunyikan kamera saya dengan lensa tele kedalam tas kampus. Yang tidak keliatan sebagai tas kamera. Untungnya udah beli tas dari mas mancak, yang lebih kamuflase lagi. Saya lolos dari statement saya sendiri tentang gaya hidup dan bosan.

Aha! Saya mau ngambil kutipan menggelitik (kalau nampol kasar). “bosan gak sih dgn foto cewek belakangnya blur yg cm ngandelin lensa 135 f.2 tanpa teknik komposisi sekalipun? kalau saya;BOSAN BANGET!” katanya mas Didiet lewat twitternya. Ya kalau saya sih beruntung nggak motret cewek, kalau pun motret jujur ane ngaku cuma iseng-iseng aje. Kali aja beruntung kan ya?

Ditambah lagi beberapa tag-tagan foto yang sama sekali saya bingung itu fotonya apa, ngapain, terus mau diapain. Jujur saya pernah beberapa kali motret lomba model, hunting bareng or something. Dan hunting pribadi, setelah motret liat-liat bentar. Pilih-pilih yang jelek langsung hapus, lebih ampuhnya lagi kalau bener-bener motret iseng ya saya hapus dan nggak saya upload. Cuma file foto saya kasih aja sama modelnya, sayang buang-buang space hardisk la yaw…

-sekedar tulisan pelepas penat dikala paper UAS urung dikerjakan- 

Dwi Kurniawan.

Cowok yang mukanya lebih boros dari umurnya, hobi nulis curhat, bercita-cita punya hutan pribadi hidup jauh dari keramaian. Menggemari dunia fotografi sejak SMP, dan hobi menabung. Berniat ingin pergi jauh ke belahan dunia lain.

Leave a Reply

