ShaggyDog – ICT – Jogja Expo Centre 2011


Untuk penggunaan foto lebih lanjut hubungi saya

Disebuah kesempatan sebuah acara di Jogja Expo Centre yang bernama ICT ISO Expo and Confrence ini ada band Shaggydog tampil, dan ini yang menjadi penyedot masa sore itu. Acara gratis yang didanai oleh KemKomInfo ini tampaknya memang nggak begitu ramai kalau nggak ada local band dan ada acara taping programnya si Tukul. Ya sebenarnya lagi-lagi niat saya sore itu ke JEC sendiri ya memang nonton Shaggydog sih, bukan ngeliatin pameran-pameran yang cuma sekadar lewat aja. Kecuali ada stand @JalinMerapi dan @JogjaUpdate yang dipojok, menarik memang letaknya dipojokan depan. Acara ini juga rupanya dibuka oleh si Menteri Komunikasi dan Informasi bapak @tifsembiring, ya saya anggap maklum lah karena memang jarang sekali ada event kementrian. Dan acara ini memang lumayan ramai pada sore itu, kalau waktu pembukaan juga ramai lho. Mungkin ramai berbondong-bondong mau lihat si pak @tifsembiring sih, yang notabene juga waktu pembukaan tidak terlalu menarik juga.*merujuk twit salah satu wartawan di Jogja*

Tapi lucu juga lho acara setingkat nasional ini, dengan nuansa formal. Tentunya terbaca dari stage dan tata panggungnya, yang memang bukan untuk event musik. Jadi malah aneh ketika ada salah satu band seperti Shaggydog mengisi acara disini, saya sendiri sempat merasa lucu aja kok venue seperti ini. Lah iya? stage-nya nggak tinggi tuh… Cuma 3ocm, terus didepannya dikasih tanaman-tanaman lucu gitu deh. Rasa-rasanya ini memang lebih tepat tata panggung mantenan (nikahan) ketimbang untuk acara seperti ini, ditambah lagi tidak jauh didepan panggung ada deretan kursi yang rapi tertata. Mungkin maksudnya untuk peserta yang mau nonton bisa duduk ‘manis’ didepan panggung. *elo kira nonton Shaggydog duduk manis?* . Nah berhubung tidak ada barikade (pagar pembatas), akhirnya pasukan khusus yang biasanya dipakai pembatasnya menteri. Atau security boy akhirnya diturunkan untuk menjadi pembatas hidup, yang memisahkan para penonton dan stage(panggung) yang agak rendah dan seperti tempat mantenan itu. Dan saya mengambil posisi didalam barikade ‘hidup itu, agar lebih dekat dengan Shaggydog.

Gigs kali ini memang nggak begitu oke tata cahayanya, karena dari tata panggungnya aja udah di branding habis-habisan sama acara dan sponsor. Nah tata cahaya kesingkir deh jadinya kalau motret tepat dari depan saja, jadi agak sulit untuk dapat mood cahayanya. Karena lampu yang datang dari samping kiri dan kanan panggung. “Baiklah, menarik ini” dalam batin saya, karena kalau begitu mengambil objeknya (Personil Shaggydog) agak menyamping untuk mendapatkan mood-nya. Walaupun pada beberapa bagian, dari depan seperti biasa mood cahayanya sudah dapat. Sebenarnya ini masalah posisi saya, yang biasanya agak tinggi yang ini jadi lumayan rendah.

Tips

Tapi dari posisi yang sangat dekat dengan objek ini, masih ada saja yang motret dengan bawa lensa tele 70-200 atau yang sejenisnya. Walaupun sebenarnya saya juga hampir bawa lensa ginian juga, tapi daripada repot dan berat bawaan saya cuma bawa lensa 50mm 1.8 dan lensa wide 10-22 usm 3.5-4.5. Pada saat motret ini menggunakan ISO 800-1250, saya cukup berani dengan posisi ISO 1250 karena image processor Canon 7D masih aman noise. Apalagi untuk motret panggung saya menggunakan format RAW(mentah), yang suatu saat memudahkan untuk mengedit dan menekan noise yang ada (pada ISO 1250). Saat itu saya menggunakan tas selempang, yang cukup ringkas. Memudahkan bergerak dari kiri ke kanan, dan memudahkan untuk pergantian lensa dari wide ke fix 50mm.

Foto Selengkapnya lihat slideshow

This slideshow requires JavaScript.

Untuk Penggunaan foto lebih lanjut hubungi saya

2 thoughts on “ShaggyDog – ICT – Jogja Expo Centre 2011

    1. @muamdisini – kalau tidak salah beberapa minggu yg lalu shaggydog main di Samarinda, apa Sheila On 7 ya yang main? lupa saya mas…😀 berhubung dirimu di Samarinda coba follow twitter @SamarindaUpdate *semoga update*
      kalau indiegigs sih jarang mas… adanya metal2an gituh…😀 itu pun jarang..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s