Rieka Roslan – Ngayogjazz 2011


Rieka Roslan – Profile

Awal karier Rieka Roslan mulai dikenal pecinta musik ketika ia bersama The Groove menggebrak blantika musik Indonesia lewat lagu-lagu ber-genre acid jazz dan funk pada awal 1999 dan mempopulerkan musik acid jazz di Indonesia. Berkat talenta Rieka yang piawai mencipta lagu, terlahir deretan hits lagu0lagu The Groove yang sempat merajai tangga lagu radio di Indonesia, beberapa diantaranya adalah : ‘dahulu’, ‘Khayalan’, ‘Sepi’, ‘Hanya Karna Cinta’, dan lain-lain.

Pada tahun 2004 lalu ia memutuskan untuk keluar dari The Groove. Sebagai musisi yang inovatif dan produktif ia langsung menelurkan karya yang terbalut dalam album perda abertajuk ‘mata ketiga’ (2005) yang menggambarkan pengenalan Rieka yang lebih personal dengan lirik sarat makna serta pada album kedua bertajuk ‘Rieka Roslan Bercerita’ (2006) menggambarkan perjalanan cinta Rieka yang dikemas menarik berkonsep layaknya buku cerita. Bisa dibilang, Rieka merupakan satu-satunya musisi yang berdiri di dua genre, pop dan jazz, yang selalu membawakan lagu-lagu ciptaan sendiri di setiap penampilan. Ini yang menjadi salah satu keunikan dan kelebihan Rieka dibanding penyanyi dan musisi lainnya. Pertengahan tahun 2008, Rieka Roslan mengeluarkan album ketiga yang diberi judul ‘Triangle of Life’ mencerminkan pendewasaan seorang wanita dalam memandang dan menjalani kehidupan yang disimbolkan oleh 3 (tiga) elemen yang membentuk segitiga kehidupan, yaitu : Matahari (keceriaan), Bulan (kehangatan), dan Bintang (Harapan).

Siapa yang kenal dengan The Groove sosok Rieka Roslan bagi saya juga tak mungkin dilupakan, walaupun The Groove sendiri sudah bubar masih ada Rieka Roslan yang bagi saya ikon band yang memiliki genre acid jazz dan funk. Menyadur dari press release dari panitia Ngayogjazz, semoga dapat membuka ingatan kita. Tentang Rieka Roslan, yang pada Ngayogjazz kemarin dapat tampil di panggung utama (Gaog). Ada dua lagu yang sempat saya rekam ‘Bagaimana Bisa’ dan ‘Dahulu’ yang bagi saya ini menjadi lagu yang masih nyaman didengar walaupun pada masa itu masih sekolah.

Selamat menikmati rekaman video saya, dan slide show foto perform dari Rieka Roslan yang diiringi teman-teman komunitas jazz Jogja.

Video tersedia dengan kualitas Full HD

This slideshow requires JavaScript.

Untuk Penggunaan foto atau video lebih lanjut hubungi saya disini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s