Tesla Manaf feat. Mahagotra Ganesha – Ngayogjazz 2011


Tesla Manaf feat Mahagotra Ganesha merupakan kolaborasi dua kelompok yaitu Tesla Manaf (Gege Nasywara/bass, Bani Irjayana/drum, Yopi D Nafis/keys, dan Muharam/flute dan sopran) dan kelompok Mahagotra Ganesha (Unit Kegiatan Seni Bali ITB) yang beranggotakan Adrian Firdaus, Dewa Made Dwi Permana, William The Putra, Wisnu Pramadi, Gege Darma Raharja serta tari Jauk Keras yang dibawakan oleh I Putu Wira Hadiputra.

Perkenalan Tesla dengan ethnic music berawal ketika membuat pertunjukan kolaborasi di Institut Teknologi Bandung pada 8 Juni 2010. Dalam pertujukan tersebut, Tesla berkolaborasi dengan orkestra, paduan suara, musik tradisional Bali, Minangkabau, karawitan dan musik Sunda. Tesla Manaf Effendi, atau lebih dikenal dengan Tesla Manaf, gitaris yang berasal dari Bandung sudah mengenal musik sejak usia 9 tahun. Semasa duduk di bangku sekolah dasar, Tesla banyak mendengarkan lagu-lagu koleksi ayahnya, seperti Mahavishnu Orchestra and Gentle Giant. Saat kuliah di Bandung, Tesla mulai mempelajari jazz dengan berguru pada Venche Manuhutu dan mulai bermain di beberapa event yang ada di dalam dan di luar Bandung. Group band pertamanya yang mengusung musik etnik bernama Karinding Collaborative Project.

Tak lama setelah keluar dari band pertamanya, penggemar Pat Metheny dan Yo-Yo Ma Tesla mulai membentuk trio, kuartet dan kuintet jazz bersama teman-temannya di Bandung dan Jakarta. Dari situlah mulai berkonsentrasi pada musik jazz. Salah satu karya terbaiknya bersama Mahagotra Ganesha adalah album “Its All Yours”. Karya yang berdurasi 48 menit ini menggambarkan kejadian dan keadaan yang terjadi di negeri ini sesuai dengan sudut pandang musikal Tesla. Dalam album ini kita dapat melihat kejeniusan seorang Tesla Manaf dalam menggabungkan musik Jazz dengan musik etnik dalam sebuah harmoni yang apik, tanpa menghilangkan karakter dari masing-masing jenis musik.


Oke untuk yang satu ini saya jujur tidak bisa berkata-kata, mungkin karena saya sejujurnya tidak membawa uang cukup banyak dan tidak terbelinya album “Its All Yours”. Karena begitu datang ke Kota Gede, saya menuju booth Wartajazz dan menyamber album “Lain Ladang, Lain Jazz-nya” yang menjadi album kompilasi Ngayogjazz 2011. Dimana tahun lalu juga saya sempat membelinya “Jazzing Java Sesarengan”, apalah daya mungkin suatu saat saya order langsung ke Bandung atau ke JazzMbenSenen kali aja ada stok.

Sambil merampungkan editan materi edisi #ngayogjazz2011 ini pun, mau tak mau saya mendengarkan via soundcloud, yang menutut saya untuk menikmati sendirian sambil menulis. Petikan gitar akustik, alunan alat musik tradisional tentunya bagi saya ini sesuatu yang berbeda dalam musik jazz. Wah sayangnya saya nggak merekam suara saat ngayogjazz, karena crowded-nya venue dan juga antusias penonton pun tak habis-habis sampai akhir permainan Tesla Manaf dan Mahagotra Ganesha. Sedikit cuplikan mengenai Tesla Manaf feat. Mahagotra Ganesha yang saya ambil dari press release semoga bisa menjelaskan.

This slideshow requires JavaScript.

Untuk Penggunaan foto lebih lanjut hubungi saya disini.

4 thoughts on “Tesla Manaf feat. Mahagotra Ganesha – Ngayogjazz 2011

    1. Ho oh mas Asop… trak pertama dimainkan kok enak didenger, ini pertama kali saya denger di Jogja lho…
      kata temen Jazz bali… hihi… asik tenan…

Leave a Reply

