[Tips] Memotret Saat Hujan


Pastikan anda siap untuk menghindari cipratan airnya

Aha! Sudah cukup lama saya nggak posting “sesuatu” yang mungkin agak serius. #eh tapi yang kali ini pun nggak serius-serius amat kok. Cuma pengen berbagi tips dan pengalaman memotret, setidaknya sayang banget kalau ada pengalaman nggak dibagi. Biarlah yang lain juga belajar bersama… -sambil niup terompet-

Pada bagian ini saya ingin berbagi tips memotret dalam kondisi hujan, atau lebih tepatnya kondisi disaat anda mau motret disana lagi banyak percikan air. Entah air dari langit(hujan), air dari selang pemadam(kebakaran), atau mungkin juga dari watercanon punya polisi. Yang jelas motret dalam kondisi cipratan air, bukan dicelup kameranya kedalam air lho ya. Kalau dicelup kedalam air mah lain cerita, itu namanya underwater.

Yang merujuk dari artikel asli National Geographic dan ini. Saya sih pengennya share tips berdasarkan pengalaman pribadi. –sok bener banget saya?- Nah! Kalau saya ngasih tips yang bener kayak artikel diatas ntar jadinya ya sama plek dan nggak asik.  Makanya menulis tips sesuai pengalaman hidup. #eh *edited link-see the comment*

Sebearnya memotret dalam kondisi yang bisa dikatakan agak ekstrim ini sendiri sih tidak dianjukan jika motretnya pakai kamera yang nggak support (weatherproof/ waterproof). Apalagi saya dulu pakai kamera poket Samsung A50, kemudian berlanjut Canon EOS 400D. Dan semuanya sudah pernah saya gunakan saat hujan-hujan.

1. Sedia payung sebelum hujan.

Seperti kata pepatah kuno, pepatah ini memang benar. Mengapa? Coba deh kalau musim hujan. Orang-orang diluar negeri sono tuh bawa payung di-tasnya, jadi ketika hujan dan mereka harus jalan. Ya mereka bisa tetap jalan, nggak kayak di Indonesia yang beralasan “hujan”. Payung juga menjadi bagian wajib yang perlu dibawa ditas kamera(musim hujan), terutama pewarta foto sudah pasti bawa. Mengapa? Lah namanya juga “sedia payung sebelum hujan”

2. Sedia jas hujan(mantol sebelum hujan)

Nah ini penjelasannya sebagian idem dengan diatas noh. Tetapi ini lebih kepada yang motret itu biar nggak basah, kan kasian nggak ada yang ngerokin kalau masuk angin. Apalagi fotografernya masih jomblo(eh bujang), pilihlah jas hujan mana yang membuatmu tidak ribet.

3. Sedia plastik transparan selalu

Tanya kenapa? Berdasarkan artikel yang berbahasa Indonesia (hasil translate) nggak ngasih penjelasan kan? Nah sederhananya sih kalau saya plastik ini akan jadi multifungsi lho. Nggak hanya melindungi kamera disaat hujan saja, tetapi kalau sedang tidak hujan pun bisa buat nyimpen makanan (pas kondangan). Kalau saya sih lebih mempercayakan plastik buah di supermarket itu lho, kan nggak usah beli tinggal ngambil aja dikit 5-10 lembar sambil alesan beli mangga dua biji.😛 Oh ya! Cari plastiknya yang agak besar, jangan terlalu sempit ketika dipasang ke kamera.

4. Sedia kanebo bung!

Yah? Kok disuruh bawa kanebo sih kakak? Kamu mau motret apa mau nyambi dicucian motor/mobil sebenarnya? Yah tapi menurut saya sih coba deh dipikir-pikir kalau habis motret kan kadang permukaan depan lensa(filter UV – kalau dilapis) basah? Nah mending dilap aja tuh pake kanebo, tapi catet! Beli kanebo khusus untuk kamera anda, dan simpan ditas kamera. Tapi takut ya? Kalau filter UVny baret? Yah itulah gunanya filter UV, untuk melindungi dari hal-hal seperti ini. Masak kamu mau ngelap pake tisu khusus lensa? Ribet kan ye? Oh ya setelah air sisa percikan dilap pakai kanebo(ngeringin tangan, atau keringet juga bisa) jangan lupa bagian kamera dan lensa dilap juga dengan kain (katun) yang lembut.

5. Jangan lupakan handuk

Nah yang ini paling aneh ya? Kok disuruh bawa handuk segala? Ntar dikira tukang sate? Atau kernet kopaja? Atau supir bajaj? –ditoyor sekampung-. Nah handuk ini handuk kecil, sifatnya mah kalau saya pengganti antara si kanebo aja sih, jadi pilihan mau handuk atau kanebo.😛 Walaupun saya lebih memilih kanebo untuk mandi.

Dari 5 point yang agak meracau diatas mungkin yang baca juga pada bingung ini tips atau apa ya?😛 tetapi ini memang itulah kenyataannya. Hal-hal yang jangan pernah dilupakan kalau mau motret outdoor, musim hujan apalagi kehujanan. Atau motret didekat watercanon, motret didekat mobil pemadam kebakaran. Abaikan tips ini kalau anda memotret menggunakan casing underwater, atau menggunakan digital camera underwater.😛

Tetapi dari semuanya yang selalu saya bawa adalah handuk kecil, jas hujan (dimotor), dan tas plastik transparan. Walaupun dimotor ada kanebo juga sih, cuma kan nggak bagus kanebo buat motor dipake ngelap kamera. Kasian tauk kameranya, kalau dipake buat ngelap saya sendiri mah nggak apa-apa.

5 thoughts on “[Tips] Memotret Saat Hujan

  1. lihat sisi baiknya dong, masih banyak orang Indonesia yang tidak sempat berkunjung ke situs aslinya yang berbahasa Inggris, atau masih banyak yang memiliki kekurangan menerjemahkan tulisan tersebut ke dalam bahasa Inggris, jadi mudah-mudahan saja mereka terbantu dengan tips berbahasa Inggris yang kemudian saya terjemahkan.

    toh saya juga tidak menulis kalau tips di atas adalah murni tips dari saya, saya masih menuliskan dan memberikan tautan ke sumber aslinya.

    oke, mungkin saya tahu anda punya kelebihan dan sudah sangat expert dalam hal memotret sehingga semua tips harus dari tangan sendiri, bukan saduran. tapi, tidak semua orang seperti anda kan ? Masih banyak dari kami yang masih belajar dan butuh lebih banyak tips dan tidak peduli tips itu terjemahan atau hasil pemikiran sendiri.

    toh semangat ngeblog juga adalah semangat untuk berbagi. berbagi bukan berarti semua harus hasil karya kita kan ?

    tapi sekali lagi saya menghargai anda yang mungkin seorang fotografer profesional dengan kemampuan yang luar biasa dan akhirnya jadi malas dengan tips yang merupakan rujukan atau terjemahan. anda pasti sangat luar biasa..

Leave a Reply

