[Foto] Hiu Paus Terdampar di Pandansimo Baru Bantul


Kamis (2/8) dinihari, saya mendapatkan informasi mengenai terdamparnya se-ekor ikan hiu disalah satu pantai di Bantul. Berita singkat berasal dari twitter itu pun akhirnya membuat saya untuk mengecek kebenarannya.  Setelah saya menanyakan ke Sigid yang bekerja sebagai freelance photojournalist, saya yakin bahwa informasi itu benar ketika saya coba mengecek informasi melalui twitter Animals Friend Jogja yang pada saat itu sudah berada dilokasi.

Ikan Hiu yang terdampar ini berjenis hiu tutul (Rhincodon typus) atau hiu paus (whale shark), hewan ini merupakan hewan laut yang statusnya terancam punah. Berdasarkan Penjelasan detail disini, kita dapat mengetahui bagaimana penjelasan lebih lanjut.

Berdasarkan cerita Fhendy, yang sore itu saya ajak ngobrol. Hiu Paus ini sejak Rabu (1/8) sore tampak kawanan ikan ini sekitar pantai selatan, antara muara Sungai progo hingga pantai Pandansimo Baru. Dan sekitar pukul 18.15, salah satu ikan berada pada jarak 20-50 meter dari pantai. Namun sayangnya ikan hiu paus ini tidak mampu untuk melawan arus untuk kembali ke laut.

Kamis siang harinya saya menuju ke Pandansimo Baru bersama Galuh untuk melihat keadaan hiu paus yang diberitakan tersebut, ini pertama kali saya ke Pantai ini. Hanya berbekal arah dari Pantai Samas, akhirnya kami berdua tiba di pantai ini. Begitu tiba dilokasi yang tampak ada bekas garis polisi, kami pun melihat agak miris. Soalnya Hiu Paus tersebut jadi tontonan yang tidak wajar oleh masyarakat sekitar, ataupun pengunjung yang sengaja datang untuk melihat.

Saya dan Galuh pun mendekat untuk melihat kondisinya, kerumunan orang menonton dan berfoto-foto dengan bangkai Hiu Paus ini. Kami berdua punya pikiran yang sama, soal orang yang datang berfoto-foto sambil menginjak-injak hewan ini. “Apa mereka nggak mikir, kasian gitu nginjak-nginjak hewan yang udah mati?” Semacam perlu diberikan pengarahan. Mengenai yang namanya garis polisi itu nggak boleh dilewati oleh yang tidak berkepentingan.

This slideshow requires JavaScript.

-Untuk penggunaan foto lebih lanjut dapat menguhubungi saya-

2 thoughts on “[Foto] Hiu Paus Terdampar di Pandansimo Baru Bantul

Leave a Reply

