[Tips] Motret Panggung


Fotografi panggung adalah fotografi yang bertujuan untuk merekam acara pertunjukan, apa pun pertunjukannya. Fotografi panggung secara umum terbagi menjadi dua kegiatan yaitu dokumentasi dan liputan. Yang pertama untuk dokumentasi, pelaku fotografi panggung biasanya dari pihak panitia atau penyelenggara yang tujuannya mendokumentasikan kegiatan tersebut. Sedangkan liputan foto panggung biasanya dilakukan oleh fotografer jurnalistik (media massa). Walaupun pada dasarnya foto panggung bisa dilakukan oleh siapapun, seperti kalangan hobist fotografi panggung yang bersifat hanya mengkoleksi saja.

Kebanyakan pertunjukan berlangsung malam hari, dan didalam ruangan (indoor). Fotografi panggung memiliki pendekatan seperti : musik, fashion Tari dan Teater. Pada dasarnya pertunjukan panggung dibuat untuk ditonton secara kasat mata, bukan untuk difoto. Biasanya cahaya yang ditangkap oleh mata tidak sama dengan yang disensor kamera. Disinilah Fotografer harus mampu menyesuaikan diri sesuai kondisi pencahayaan.

Bagaimana memotret yang baik untuk foto panggung? Sudah banyak yang berbagi. Kalau saya Cuma berbagi sepengetahuanku lho ya. Maaf kalau ada yang salah atau nggak cocok.😛
Yang perlu diperhatikan mengenai foto panggung.

Pertama. Alat. Apa yang kamu akan gunakan saat motret panggung? DSLR? Kamera poket atau kamera ponsel? Kalau DSLR kamu mau pakai kamera apa? Jenisnya yang bagaimana, dan lensa yang seperti apa. Disini akan dibahas singkat mengenai bagian ini.

Biasanya orang motret panggung dengan DSLR, ya secara teknis sih kamera besar lebih nyaman untuk pemotretan kondisi minim cahaya. Nah kalau ditanya pakai lensa apa, saya dulu motretnya pakai lensa kit lho yang 18-55 non is, so? Saya naikin aja ISOnya sampai 1600 di 400D. Sedangkan di image processor EOS 7D ISO 1600 masih tergolong aman, ya semakin canggih teknologi kameranya, ya kira-kira begitulah… *ra sah dijelaske*
Setelah itu pasti mikir pake lensa apaaa yaa? Saya pakai lensa kit (itu dulu). Kalau sekarang saya pakai lensa wide 10-22 USM canon, ya cukup ampuh kalau spot motret didepan stage mepet sekali. Dan pasangannya sama lensa non 50mm f 1.8, mengejar bukaan lebar, dan rentang lensa yang standar. Dan ini tergantung venue, jika venue untuk motret panggung agak jauh saya baru membawa lensa tele, kalau venue kecil lebih disarankan membawa lensa yang praktis seperti 50mm f1.8.

Berganti-ganti lensa saat motret gimana mas?
yo kamera-kameramu sak karepmu le, kalau kamera kantor ya ada kantor yang ngebayarin kalau sensor kotor. Kalau kamera pribadi dipikir lagi aja, udah masukin budget rutin nggak buat ngebersihin sensor kalau kotor gara-gara sering ganti-ganti lensa saat motret.

Motret panggung enaknya posisinya dimana?
wah kalau pertanyaan ini aku agak bingung, tergantung siapa yang difoto dan dimana. Kalau tempatnya luas untuk motret, dan artisnya pergerakannya cepat. Hal ini memungkinkan kita untuk berpindah tempat secara gesit, sedangkan sebaliknya. Kalau yang difoto pergerakannya nggak banyak, dan tempat terbatas ada baiknya kita yang motret panggung juga memahami. Jangan menganggu penonton yang khidmat.

Mas kalau motret panggung boleh pake Flash?
Wah kalau ada yang tanya ini beneran, perlu diajak ngobrol sambil ngopi-ngopi. Dijelaskan pelan-pelan. Sesungguhnya sak karepmu mau motret pake flash atau nggak sih, lah kan itu kamerane situ? Kamera kantor situ? Mosok saya sebagai teman melarang?😛
Kecuali dilarang sama panitianya, karena dibeberapa pertunjukan, didepan pintu masuk sudah dikasih tulisan dilarang memotret menggunakan lampu blitz, nah kalau kamu masih ngeyel motret pake blitz atau flash yo pancen kowe kebangeten ra iso moco opo ra mudeng.
Secara teknis kenapa sih nggak pake flash? Ya biar lebih natural, karena memotret panggung itu yaa gitu deh menangkap tata cahaya panggungnya apa namanya? Mood lighting menurut saya.

Udah segitu aja yak? Saya juga udah mbulet njelasinnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s