[Review] Android IVIO DE88


Kita pindahan kesini ya -> fotodeka.com

Akhir-akhir ini mungkin kalian bingung memilih ponsel? Nah saya yang terakhir menggunakan SE K770i sendiri akhirnya berpindah ke ponsel dengan OS Android pada kuartal kedua 2011. Dalam hal ini sebenarnya banyak model ponsel Android ini, tetapi entah mengapa saya memutuskan untuk tidak membeli. Yak! Tidak lain dan tidak bukan karena ini ponsel lungsuran dari orangtua saya. BTW ibu saya gahul juga ya? Ponselnya udah android, walaupun cuma dipake smsan sama telponan. Alasannya sederhana, layarnya gede, tulisannya juga besar nggak bikin capek mata dan bisa dual simcard CDMA-GSM. Wow bukan? –kalau biasa yoweslah-

Kamu risih nggak? Sama teman-teman facebook atau teman twitter kamu yang ngeluh soal layanan Blackberry Messenger yang pending nggak ketulungan? Kalau risih dan mereka disuruh pindah layanan chat yang lebih umum, bisa dipastikan mereka berlangganan paket data irit yang cuma bisa BBM, social media, wes kui tok(udah itu aja).

Nah! Diakhir 2011 juga sepertinya era kejayaan smartphone besutan Research In Motion alias RIM ini juga perlahan-lahan turun. Walaupun di Indonesia penjualannya dikatakan stabil sih, tapi buktinya banyak teman-teman yang berpindah ke iPhone atau ponsel Android? Why? You kui lah ketika fitur andalan Blackberry sudah nggak bisa diharapkan.

Disini saya akan mengenalkan sebuah ponsel buatan China, merknya IVIO –hayooo! Pernah denger nggak?-. Pastikan kalian belum pernah mendengarnya, karena saya juga baru denger. IVIO pertama saya yaitu IVIO DE88, yang keren disini ya cuma dobel simcard GSM-CDMA, dan tentunya sudah berjalan di Andorid 2.2 Froyo.

Kelebihan Ponsel IVIO DE88 :

Dual Simcard GSM-CDMA
layar lebih lebar dari ponsel Android se-tipe merk lain
Kamera 5MP-walaupun hasilnya ketika minim cahaya, sungguh jelek

Kekurangan Ponsel IVIO DE88 :

Baterai cuma berdaya 1500mAh, dan baterainya tidak awet. Hanya berumur sekitar 6 bulan pemakaian normal sudah tampak tanda-tanda menggembung.
Material ponselnya plastik, entah mengapa ini semacam membuat ponsel ini tampak ringan dan kurang mantep/kokoh ketika digenggam.
Prosesor? Saya nggak tau ini berapa, tetapi rasanya ini ponsel lemot. Ditambah lagi dengan internal memory yang kecil jadi semua aplikasi berukuran besar di root ke memori eksternal.
Kekurangan yang lain adalah, ponsel ini tidak tahan banting. Buktinya saya banting dari ketinggian 1 meter, layarnya pecah dan mati, dan berakhirlah hidup ponsel ini.

Kesimpulan.

Saat ini saya menggunakan IVIO DE88plus, entah apa bedanya yang lama dan yang embel-embel ‘plus’ ini. Saya kira ada plus-plus seperti, plus prosesor lebih cepat, dan plus memory internal yang agak besar. Rupanya sama aja, bedanya ada dilayar depan, serta sensor cahaya yang lebih baik. Tetapi rasanya semua itu tergantung masing-masing calon pengguna saja, ada harga ada barang.
Soalnya baterai ponsel ini borosnya minta ampun, kalau dipakai standby tanpa jaringan internet sih bisa sampai 3 hari (baterai penuh). Kalau menyalakan internetnya, dalam hitungan menit atau paling lama 2 jam baterai tinggal tersisa 25% saja.

Catatan Pengguna. Kalau anda kesal dengan ponsel ini ada baiknya tidak membanting seperti punya saya, mending kalau sudah kesel seperti lemot, baterai sudah menggembung (drop), silahkan hibahkan kepada orang yang membutuhkan atau dijual saja-walaupun harganya anjlok banget-

This slideshow requires JavaScript.

20 thoughts on “[Review] Android IVIO DE88

  1. Gan kalau hp ini bisa pake internet 3G ngga soal_y saya bingung

    Dari tadi saya coba pake interne 3G yg tersedot pulsa utama terus

  2. Blackberry sudah pada titik nadir mas kehempas oleh ponsel Android yang tidak terbendung perkembangan dan peminatnya.

    Saya sendiri dari awal kemunculan BB kurang tertarik karena pada saat itu kesannya terlalu eksklusif

    Penggunaan smartphone Android pun kita perlu untuk bijak. Memang dengan mengaktifkan layanan internet akan menguras baterai. hal ini bisa disiasati dengan mengaktifkan beberapa fitur/aplikasi yang kita butuhkan dan penggunaan powerbank🙂

    ada info lomba blog nih barangkali berminat: ASUS Notebook Terbaik dan Favoritku

    Makasih

  3. kalo pendapat saya batere ivio de88 itu udah lumayan sich, soalnya berjalan di 2 jaringan berbeda, GSM dan CDMA. punya saya juga udah berapa kali jatoh, tapi ga ada masalah…ya kebetulan juga saya baru dapet ni HP juli tahun ini. overall saya puas, karena saya ga mesti repot bawa 2 HP…

    1. @Wisnu – ya saya nggak nyaranin beli sih.. Tapi mungkin saya pakeknya nggak hati-hati😛, yang jelas ponsel ini kurang tangguh ditangan saya😀

  4. hmmmm, mungkin review adalah pengalaman pemakai, adapun kalaw saya yang sama2 pemakai agak berbeda reviewnya,

    punya saya adalah IVIO de88 (bukan yang plus) beli setaon yg lalu, aplikasi yang sering dipakai WA, Kamera, FB, PicsArt, Opera, Angry Bird, Music. dari pengalaman saya menjalankan aplikasi2 tersebut selama ini tidak pernah ada masalah atau lemot. yang lemot itu terasa apabila baru menyalakan ponsel dari kondisi mati, tapi setelah itu normal-normal saja.

    Ketahanan Banting … yg punya saya sering banget jatoh tapi gag sampe hancur, gag tau kalo dibanting yang bener-bener dibanting heheheh, tapi ngapain banting-banting HP segala sih ???

    Fitur kamera, selama ini saya cukup puas, walaupun memang kalaw malam hari butuh flash tambahan, tapi kalau foto siang harinya lumayan yahud, saya pernah menang kompetisi foto di PIXOTO.com dengan menggunakan HP ini untuk kategori Animal. yang agak menonjol dari fitur kameranya adalah fungsi Burst Mode dan mode sport, sehingga kita bisa melakukan pengambilan foto dengan tehnik LEVITASI (silahkan googling tentang teknik ini), begitu juga dengan mode makro nya untuk pengambilan foto Macro. contoh2nya beberapa bisa dilihat di grup facebook KOFIPON

    kebetulan masuk web sini karena sedang cari lagi yang mau jual HP ini buat temen yang pengen belajar foto2. kemaren2 di daerah KOPO bandung ada toko yg jual baru harga 750rb (dulu saya beli harga 1,2jt), tapi keburu kehabisan, sekarang lagi nyari lg yang jual baru dgn harga segitu
    ada yang tahu tempat yang jual HP ini?

    1. Ya review tangan sendiri yang ndak bisa pegang henpon gini je😦
      nah kalau mencarinya agak sulit nih gan, kalau agan nemu ane dikabarin ya? hehehe

  5. kayak nya seri ivio de88 yg berikutnya agak mendingan, saya kebetulan di kasi (ya terima saja) batterainya kalau jarang cuap2 bisa sampai sore (dulu yang ivio de88 pertama /tulisan ivio nya di tengah/ cuma tahan 1/2 hari) , sempat beli batterai yg asli (wow 200rb) . untuk sementara cukup puas saja. Pengen sih HTC Desire VC kayaknya yahud tuh

    1. @Salehudin – Yap! bener sepertinya, soalnya IVIO DE88 tepat diatasnya yang nggak saya banting baterainya juga nggak beres. Cepet hamil tuh batre..

  6. Salam kenal gan,
    Benarkah hp ini lemot dan boros batery?
    Soalnya tadi siang ane baruran beli ini hp.
    Kalu dulu agan beli hp ini berapa ya? Tadi ane dapet harga 600-an ribu, dan harga inilah yang menjadikan ane tertarik untuk membelinya karena diakhir tahun 2011 harga hp ini masih 2 juta-an.

    1. @Abufaiz – ya entahlah kalau dibanding HTC, Samsung, Sony, Motorola. OS Android, sepertinya ponsel ini prosesornya rendah. Boros sudah tentu, kalau internetnya dipakai terus menerus dengan keadaan sinyal 3G minim. :(( syedih..

Leave a Reply

