[Sharing] Memilih Mobile Internet Service Provider


Indonesia mungkin salah satu negara yang memiliki banyak sekali pilihan layanan telepon bergerak, nah lho? Telepon bergerak? Bingung. Yaudah pake istilah telepon selular aja, selular provider maksudnya. Soalnya agak wagu (aneh) juga pake istilah telepon bergerak, ya maklum lah masih sama-sama belajar bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Sebagai bangsa Indonesia yang besar kita harus bangga sekaligus sedih dengan banyaknya selular provider ini. Bangganya kenapa? Karena Indonesia, mungkin negara dengan selular provider terbanyak sak Dunia (ini sungguh lebai), dengan banyaknya selular provider itu tetapi kita harus sedih bahwa kenyataannya secara kepemilikan semua perusahaan layanan telepon genggam itu rata-rata dimiliki asing. Contohnya? Yo pikir po googling dewe kono, Indosat yang dilepas ke asing sama si Laksamana Sukardi jaman Megawati, Telkomsel yang juga katanya sebagian sahamnya dimiliki oleh perusahaan Telekomunikasi di Singapura, dan beberapa provider baru yang juga mayoritas saham oleh asing. Dan banggalah pemerintah atas penanaman modal asing (prek!!!)

Oh ya dua paragraph diatas mungkin nggak nyambung dengan tips kali ini, tetapi karena semangat yang berapi-api agar fokus malah jadi isu lain. Kenapa sih Mobile Internet Service Provider? Ya soalnya saat ini pengguna telepon genggam banyak, didukung dengan fitur ponsel yang sudah bisa internetan sih. Nah tapi persoalannya mau pake operator yang mana? Telkomsel, Indosat, XL, Smartfren, Flexi, Esia, AXIS, Ceria atau 3(tri).

Sebenarnya memilih ini sesuai kebutuhan masing-masing orang? Sepakat? Yaudah sepakat aja deh. Ini pertanyaan dan jawaban yang standar kok.

Bagi kalian yang sering berpergian didaerah pelosok di Nusantara bisa dipastikan kalian pakai nomor Telkomsel atau Flexi, walaupun tidak menutup kemungkinan kalian juga menggunakan operator tersebut hanya sementara atau kalian punya nomor yang lain.

Sedangkan kalian yang hanya berada di ibu kota, atau kota-kota besar tanpa harus blusukan ke dalam mungkin kalian menggunakan Indosat, XL, Smartfren, AXIS atau 3. Mudah toh?

Akan tetapi daya jangkau jaringan selain Telkomsel, Indosat, XL dan Flexi biasanya terbatas, ya maklum lah kan penyesuaian antara jumlah pelanggan dan tower pemancar yang dimiliki. Toh Telkomsel yang memiliki pelanggan terbesar di Indonesia saja kadang akses internetnya jelek sekali, entah mungkin kuota kemampuan pemancar disekitar nggak ditingkatin kali ya? Soalnya teman-teman pada cerewet di twitter soal indikator di smartphone mereka 3G tetapi akses internetnya bapuk (jelek) sekali.

Ya itulah Telkomsel pelanggannya kebanyakan, tetapi kapasitas kemampuan melayani internetnya nggak sebanding. Ini menurut saya lho? Apa internal Telkomsel nggak nganalisa? *ditoyor* *diblacklist kalau jadi pegawai* Nah untungnya sekarang ponsel udah murah-murah jadi banyak orang nggak cuma punya satu nomor ponsel. Biar dikata orang sibuk dengan bisnis milyaran jadi punya nomor ponsel lebih dari satu. Atau alasan lain, biar sesama operator murah jadinya semua nomor operator dibeli. Tuh itung sendiri ada 10 perusahaan di Indonesia, jadi kalian punya 10 nomor dan 10 ponsel? Modaro!!!

Nah kembali lagi, ini soal akses internet di telepon selular. Kalau membutuhkan kecepatan akses internet, ya mending gunakan selular provider yang kira-kira pelanggannya nggak banyak-banyak amat. Kenapa? Kalau pelanggan banyak tapi layanan internetnya nggak oke kan bakal nggak jadi pilihan. Mungkin bisa sih, tetapi kamu harus berada didaerah yang tepat, ibarat kata ada ring 1 dan ring 2. Kamu kalau internetnya mau lancar ya harus berada di ring 1, sedangkan di ring 2 kamu Cuma kebagian sisa-sisanya aja, kalau ada jalur yang kosong ya kamu bisa dapat agak kencengan dikit.

Makanya sebelum menggunakan ada baiknya menanyakan teman-teman dilingkungan sekitar, tetangga, mbak kosan depan, atau mas-mas angkringan. Mereka pakai apa, dan sekalian ditanyain kalau facebook-an, atau internet-an lancar jaya nggak? Survey dulu sebelum menggunakan.

Nah! Masih bingung mau internetan yang mobile pake apa? Yaudah kalau masih bingung mending pake vsat aja deh.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s