[Tips] Membuat Kamera Tampak Tidak Mencolok


IMG_20121016_104857

Kalian pernah melihat DSLR yang “brand” nya ditutupi dengan isolasi hitam(tape), yah hingga saat ini saya masih penuh pertanyaan yang belum mendapat hasil yang puas. Dan sayangnya saya belum mencatat alasan beberapa fotografer menutup label brand kamera yang mereka gunakan.

Ini saya sudah googling lho soal menutup label ke DSLR, ah entahlah apa saya kurang jeli. Tetapi berdasarkan catatan mengenai hal ini masih sangat minim, sedangkan ini sebuah fenomena menarik untuk dicatat. Yah kalau selo mencatat, kalau selo lagi mungkin didokumentasikan secara audio visual.

Oh ya, waktu acara jurusan Studi Perspektif ditanya salah satu seorang jebolan JIK mas Lexy Rambadeta. “Kenapa itu logo kameranya ditutupi?” tanya dia penasaran, ya saya jawab aja soalnya teman-teman foto jurnalis pada diginiin saya sih ikut-ikutan. “wah coba kamu bikin filmnya tuh, dokumenternya mungkin menarik” katanya mas Lexy gitu.

Oke skip! Sejujurnya saya menutup label kamera saya, selain ikut-ikutan teman foto jurnalis. Yang paling mendasar saya tidak di-endorse oleh perlengkapan yang saya gunakan, mereka ngasih potongan tiap beli ataupun ngasih potongan saat kalau ada servis pun nggak kok. Makanya saya tutup aja tuh merk kamera saya, berikut lensa, serta speedlight yang saya miliki.

Tapi dengan menutup label kamera, setidaknya membuat objek yang difoto candid tidak canggung atau tidak kaget. Oh kamera gede, oh opo kui dilakban(oh apa itu dilakban), oh kameranya jelek dilakban, ya anggapan-anggapan ini yang membuat oh kamera yang digunakan jelek, murah, bla bla bla. Mengkamuflase agar orang yang melihat tidak tertarik mengambil, tapi mungkin ada yang penasaran malah tanya-tanya kenapa kok ditutupin.

Sebenarnya saya ingin membuat postingan kamera saya yang saya tutupi dengan stiker hitam dengan tekstur kasar, sayangnya males ngerepotin teman untuk ngerekamin pake kameranya. Alhasil disuatu saat yang selo saya tertolong oleh mas Heru yang ikhlas kameranya untuk saya rekam prosesnya bagaimana.

 

 

2 thoughts on “[Tips] Membuat Kamera Tampak Tidak Mencolok

Leave a Reply

