[Review] Fujifilm EX – 1


Wah! sepertinya saya baru bisa menepati janji terlalu lama ya? postingan untuk sedikit berbagi pengalaman mengenai menggunakan kamera digital baru terlaksana. -hihihhi- Maaf nulis masih menjadi mood, ya semoga menulis menjadi suatu kebutuhan kedepannya -kemudian curhat-.

Kamera Fujifilm EX-1 ini saya dapatkan dari mas Gumilang, seorang DOP (Director Of Photograph) yang memiliki kerjaan sampingan berupa Dokter Gigi. “Fitur e cangih wik!” katanya mas Lalang sih gitu. Tapi saya percaya dengan jam terbangnya dia, maklum pria yang sebentar lagi menikah ini juga pernah menggunakan Sony NEX dan Canon 5d mk ii juga.

Sebelum diberikan kesempatan sehari untuk mencoba kamera ini, saya pun dikenalkan sekilas kamera EX-1 ini. Secara tampilan memang butuh waktu untuk mempelajari dan adaptasi lagi, karena letak tombol dan handling yang berbeda dengan kamera DSLR. Meskipun bentuknya yang bisa disebut mungil mirrorless tapi kemampuannya ya bisa disandingkan dengan DSLR Canon yang 4 atau 3 digit lah, atau justru jauuuhhh sekali. Makanya “dear Client, pintarlah sedikit soal teknologi digital”

Sayang sekali kesempatan sehari rasanya kurang untuk bisa mencoba semua fitur, tetapi dari review yang lain banyak yang mengatakan memuaskan. Ya saya sendiri saat mencoba untuk foto dan video sendiri belum puas. Untuk adaptor lensa Fujifilm ke lensa Canon sendiri masih yang masih merek kedua dengan kualitas tanpa pin diafragma dll, jadi ketika EX-1 ini menggunakan lensa Canon tidak dapat diatur bukaan diafragma-nya yang digunakan adalah diafragma terbesar lensa itu.

Tetapi untuk penggunaan video, sepertinya pengaturan diafragma tidak terlalu diperlukan. Kualitas FullHD dengan resolusi 1080i telah tertanam pada EX-1 ini, cukup untuk kebutuhan pembuatan video saat ini.

This slideshow requires JavaScript.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s