Foto Pilihan 2012


Berjalan bersama ayah-ibu

Dari sekian banyak foto, mesti ada salah satu atau beberapa foto paling baik dari yang baik. Dalam pemilihan foto terbaik tahun 2012 subyektifitas mutlak ada pada saya, ya saya yang milih dari stok yang ada kok.  :P
Ada waktu dimana saya berlibur bersama Ayah dan Ibu saya, tetapi tidak mungkin memasukan beberapa foto. Sebuah foto yang membelakangi mereka menjadi pilihan saya, mewakili perjalanan hidup mereka dan short trip bulan itu. Serta ada beberapa foto konser, seperti foto ulang tahun Sheila On 7 yang ke-16. Foto ini mungkin tidak layak tampil, karena secara etika saya mencuri kesempatan.  Tapi saya secara pribadi belum pernah menayangkan foto ini, foto group band ini tidak sedang beraksi bermain musik mereka. Justru ketika intermezzo antara tiup lilin dan sebelum menyanyi kembali, semua personil dipanggung beserta keluarga merakayannya bersama dihadapan ribuan ’Sheila Gank’.
Samarinda? Mengapa saya memasukan beberapa foto kota tersebut, saya tak ingin kita lupa bahwa perkembangan pemukiman warga secara tidak langsung distribusi air bersih juga harus baik. Awal 2012 kemarin Perusahaan Daerah Air Minum Samarinda sedang meningkatkan produksi air bersih mereka, termasuk pemasangan pipa yang berukuran cukup besar dekat in-take air baku. Dan salah satu sudut kawasan perdagangan di Samarinda, Citra Niaga yang berjaya di-era 80an sebentar lagi akan berdampingan dengan Hotel berbintang 4 yang rencananya disana juga akan ada pusat perbelanjaan.

Orangutan mengapa terpilih? Karena secara subyektif saya tidak ingin meninggalkan dia nggak masuk kedalam foto terbaik, karena motret dari dalam batas sewajarnya saya menjadi tidak enak hati sama Animal Keeper yang juga kenalan saya disalah satu LSM Orangutan. Ekpresi orangutan dewasa saat menikmati kelapa cukup menarik bagi saya.

Mengenai Pernikahan, Wisuda, ini sebuah moment penting tahun itu. Saya hadir dan memotret ekpresi teman-teman yang menunggu para wisudawan, ataupun hanya mengambil potongan kaki teman seangkatan saya yang sedang foto bersama dengan menggunakan kebaya di Balairung UGM. Ada dua pernikahan yang satu diwakili foto dipelaminannya Zulfi, dan foto kaki para tamu yang hadir dipernikahan Yoga Hanggara.
Foto kaki memiliki sebuah makna, saat tamu yang hadir dipernikahan Yohang, pakaian rapi tetapi ada yang menarik ketika kita melihat ’setelan’ bawahnya. Lain juga makna pada foto kaki yang terkesan lebih santai, itu saya ambil ketika datang ke acara ArtJog di Taman Budaya Yogyakarta. Ada unsur sandal disisi kanan frame, ya dialah yang menemani saya malam itu menghadiri penutupan pameran ArtJog. Yang kini entah bagaimana kabarnya.

This slideshow requires JavaScript.

Tidak semua yang baik adalah yang terbaik, penyeleksian yang hanya saya paham maksudnya mungkin terlalu egois karena tidak melibatkan kawan lain untuk menilai. Tetapi biarlah pengunjung blog ini menilainya, silahkan diunduh secara cuma-cuma karena diunggah dengan resolusi cukup besar.

Leave a Reply

